Jakarta (ANTARA News) - Obor api SEA Games XXVI/2011 akan dikirab di Kota Jakarta, Sabtu (5/11), sebelum diberangkatkan ke kota tujuan akhir, Palembang, Sumatera Selatan, pada hari yang sama.

Usai disemayamkan di Balai Kota DKI, Jumat malam, pada Sabtu pagi obor akan dikirab dengan melibatkan puluhan atlet dan mantan atlet nasional, kata Staf Inasoc Aditya Sani, Jumat.

Ia mengatakan, jalan-jalan yang akan dilewati kirab adalah Jalan Merdeka Selatan, MH Thamrin, Gerbang Pemuda Senayan, Jalan Asia Afrika, Jalan Sudirman, Fly Over Semanggi, Kawasan SCBD, Plaza Mandiri, Jalan Gatot Subroto, MT Haryono, Dewi Sartika, DI Panjaitan, A Yani dan Jalan Yos Sudarso (kantor Walikota Jakarta Utara).

Kirab akan dimulai dari Balai Kota pukul 09.00 WIB menelusuri jalan-jalan protokol Ibu Kota hingga ke kawasan Gelora Bung Karno Senayan dengan melibatkan Ade Ray (binaraga), Albert Papilaya (tinju), Ricky Yacobi (sepakbola), Harly Ramayani (loncat indah), Heru Prayogo dan Purnomo (atletik) dalam enam etape awal dan finish pukul 10.45.

Pada etape berikutnya mulai dari Pintu 2 Gelora Bung Karno, kirab akan melibatkan Yustedjo Tarik (tenis), Nunung Jayadi (atletik), Wisnu Wardhana (renang), Ali Sofyan Siregar (atletik), Zaenudin (tenis meja), Tri Widodo (pencak silat) dan Nuryanto (squash) hingga etape XIII yang dijadwalkan finish pukul 12.55 WIB di Kantor PT Panasonic di kawasan Halim Perdanakusuma.

Pada etape XIV, atlet yang terlibat adalah Murifin (gulat), Sabeno (atletik), Fahmy Fachrezy (aerobik), Fitri Haryadi (atletik), dan Wisnu Nugroho (atletik) finish di Gedung Gudang Garam di Jalan Jenderal A Yani pada pukul 14.15.

Penghujung etape XVIII tersebut merupakan Pos III sebagai tempat serah terima Obor dari Wakil Walikota Jakarta Timur Kepada Wakil Walikota Jakarta Utara.

Dari Pos III kemudian akan dilakukan dua etape lagi dengan melibatkan Rahman Defiandi (atletik) dan Edi Suwarno (sepak takraw).

Obor api kemudian diserahkan oleh Wali Kota Jakarta Utara kepada Ketua INASOC dan selanjutnya diserahkan kepada Duta Obor DKI Jakarta untuk diserahkan kepada INASOC Sumatera Selatan dengan angkutan kapal laut dari Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok. (ANT-132/N002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011