Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memodifikasi cuaca di Palembang, Sumatera Selatan, dalam rangka mengamankan pelaksanaan SEA Games yang akan berlangsung mulai 11-22 November.

"Saat ini kondisi cuaca di Palembang memang kurang bagus dan cukup mengganggu untuk suatu perhelatan besar seperti SEA Games," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Hujan Buatan BPPT Syamsul Bahri di Jakarta, Rabu.

Soal ini ,BPPT sudah mengirimkan satu pesawat Casa NC212-200 dan dua pesawat lagi pada 4 November, termasuk pesawat Piper Chayenne serta radar mobile pemantau posisi dan pergerakan awan untuk kepentingan modifikasi cuaca.

Pesawat tersebut dimuati bahan higroskopis pengikat air berupa serbuk NaCl ukuran 30-50 mikron yang akan disebarkan dan ditembakkan ke awan agar segera tumbuh dan jatuh sebagai hujan sebelum masuk ke kawasan SEA Games.

"Kami telah memulainya sejak 25 Oktober. Ini atas permintaan Pemerintah Provinsi Sumsel sejak lama, khususnya pada acara pembukaan," kata Syamsul sambil menambahkan bahwa soal SEA Games, belum ada permintaan dari Pemprov Jakarta.
(D009)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011