Yogyakarta (ANTARA News) - Yogyakarta menjadi kota putaran terakhir bersama Jakarta untuk audisi pencarian bakat band baru "Boy & Girl Band Indonesia 2011" yang digelar stasiun televisi SCTV.

"Ajang itu merupakan tempat pencarian bakat dan talenta baru yang mampu bernyanyi dalam koreografi sebagai `boyband` dan `girlband` yang berkualitas," kata Direktur Program dan Produksi SCTV Harsiwi Achmad di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, audisi "Boy & Girl Band Indonesia 2011" di Yogyakarta diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) selama dua hari, 5-6 November 2011.

"Selain Yogyakarta dan Jakarta, audisi telah digelar SCTV di kota lain yakni Bandung, 22-23 Oktober 2011 dan Surabaya, 29-30 Oktober 2011. Pendaftaran peserta telah dimulai dengan cara mengunduh formulir di website www.liputan6.com/boygirlbandindonesia," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan "boyband" dan "girlband" saat ini sedang menjadi fenomena baru dan sukses meraih pasar penikmat musik.

"Kami sebagai media televisi mempunyai peran cukup besar dalam memberikan ruang eksistensi bagi mereka untuk menunjukkan kemampuan di depan pemirsa," katanya.

Menurut dia, melalui ajang "Boy & Girl Band Indonesia 2011", SCTV ingin mencari bakat-bakat baru "boyband" dan "girlband" di negeri ini yang bisa memberikan warna lebih segar dalam kancah musik di Indonesia," kata Harsiwi.

Executive Producer SCTV Nico Andreas mengatakan, penjurian audisi "Boy & Girl Band Indonesia 2011" di Yogyakarta akan dilakukan secara langsung. Juri terdiri atas dirinya mewakili SCTV, Meltho Pasto (pelatih vokal Maia), dan Ningrum (koreografer Melly Goeslaw).

"Persyaratan mengikuti ajang itu adalah berumur 15-22 tahun, mempunyai kemampuan menyanyi dan menari, satu grup berjumlah 5-10 orang, berpenampilan menarik dan unik, dan tidak terikat dengan label rekaman mana pun," katanya.

Menurut dia, dari setiap kota audisi, ditargetkan akan memperoleh 10 boy/girlband terbaik. Dari total 40 boy/girlband calon finalis dari 4 kota tersebut akan diseleksi lagi oleh para juri untuk mendapatkan 20 band yang berpeluang ke Jakarta.

Setelah terpilih, ke-20 finalis itu akan diseleksi sekali lagi oleh dewan juri di Jakarta dengan menunjukkan penampilan terbaik mereka di depan para juri. Dari hasil penjurian akan diputuskan 8 boy/girlband yang akan mengikuti karantina di Jakarta.

"Selama masa karantina, mereka akan dibekali pengetahuan oleh para instruktur yang berpengalaman. Mereka akan dibekali pengetahuan tentang koreografi dan olah vokal yang bisa menjadi bekal untuk menunjang karir mereka ke depan," katanya.
(L.B015*H010/H008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011