Valencia, Spanyol (ANTARA News) - Juara dunia Casey Stoner mengungguli Ben Spies di garis finis dan mencatat kemenangan kesepuluhnya  pada Grand Prix terakhir musim ini di Valencia, Minggu.

Pembalap Australia Stoner, yang sudah memastikan gelar juara MotoGP keduanya saat balapan di negaranya sendiri bulan lalu, sempat unggul 10 detik di depan, tapi kemudian disalip oleh pembalap Yamaha asal Amerika Serikat itu saat balapan tersisa tiga putaran.

Saat Spies agak melebar di tikungan terakhir, Stoner memanfaatkan peluangnya itu dan roda motornya melintasi garis finis, 0,015 di depan.

Pembalap Honda Stoner mengaku dia terpaksa akan melambat saat mulai turun hujan di lintasan tersebut. Namun dia berusaha untuk tetap menempel Spies pada putaran terakhir dan akhirnya bisa lebih unggul saat di garis finis.

Rekan setim Stoner, Andrea Dovizioso, berada di posisi ketiga, yang sudah cukup untuk menempati posisi ketiga dalam kejuaraan itu, di depan pembalap Spanyol Dani Pedrosa, juga dari tim Repsol Honda.

Pembalap Yamaha asal Spanyol Jorge Lorenzo, juara 2010 yang tidak berlomba di Valencia karena cedera jari, sudah memastikan tempat di posisi kedua dalam kejuaraan tersebut.

Pada awal balapan yang dramatis, pembalap Suzuki asal Spanyol Alvaro Bautista kehilangan kendali pada motornya dan juga menyeret keluar juara MotoGP tujuh kali Valentino Rossi, pembalap Prancis Randy De Puniet dan pembalap Amerika Serikat Nicky Hayden, semuanya di tim Ducati.

Para pembalap dari seluruh tiga kategori kejuaraan dunia bergabung bersama di "pit lane" sebelum melakukan satu putaran untuk menghormati pembalap Italia Marco Simoncelli, yang tewas dalam kecelakaan di balapan Malaysia bulan lalu.

Para pembalap tersebut dipimpin oleh mantan juara dunia Kevin Schwantz yang mengendari motor Honda Simoncelli, demikian Reuters melaporkan.
(I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011