Roma (ANTARA News) - Pelatih Uruguay Oscar Washington Tabarez mengatakan Senin, Luis Suarez tidak akan turun lapangan saat timnya melakoni laga persahabatan internasional lawan Italia, Selasa.

Ia harus beristirahat setelah mengalami masalah dengan kesehatannya setelah mencetak empat gol dalam kemenangan 4-0 atas Chile pada pertandingan penyisiyan Piala Dunia, Sabtu.

"Suarez mengalami benturan saat melawan Chile dan sekarang kondisinya tidak sehat benar," kata Tabarez menjelang pertandingan.

"Ia semakin membaik tetapi masih belum dapat turun lapangan," katanya.

Dengan absennya pemain Inter Milan Diego Forlan hingga pertengahan Desember, Tabarez menyatakan penyandang gelar Copa America akan menurunkan pemain dengan formasi 4-3-3 dan depan akan diperkuat pemain Porto Cristian Rodriguez, Seba Fernandez dari Malaga dan pemain Napoli Edinson Cavani.

Tabarez (64), juga berbicara tentang kebanggaannya membawa Uruguay bertemu dengan salah satu tim terkuat dunia pada laga yang diadakan di Stadio Olimpico.

"Pada 2006 (ketika Tabarez kembali ke kursi kerjanya) kami jarang bermain dengan lawan yang amat bergengsi," katanya.

"Sejak Piala Dunia 2000, segala sesuatunya berubah. Pertandingan ini merupakan salah satu strategi bermain melawan tim besar," katanya.

"Kami sudah bermain dengan Jerman dan Belanda dan undangan untuk bermain di stadion besar ini merupakan suatu kehormatan bagi kami," katanya.

"Kami sudah bekerja keras. Kami negara kecil tetapi itu bukan alasan bagi kami untuk tidak maju," katanya tentang timnya, yang maju ke semi final Piala Dunia sebelum memenangi makhkota di Argentina, Juli lalu.

Tabarez pernah berada di Italia, beberapa bulan di Milan, sebelum didepak Silvio Berlusconi pada Desember 1996.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011