Los Angeles (ANTARA News) - Hampir 10.000 orang diungsikan dan keadaan darurat di seluruh negara bagian diumumkan pada Jumat (18/11), saat kebakaran hutan terjadi di beberapa bagian Reno, Nevada, AS, kata beberapa pejabat dan laporan.

Penduduk yang tak menghadapi ancaman dalam waktu dekat sehingga tak harus mengungsi diberi tahu agar tidak keluar rumah setelah asap tebal menutupi daerah itu, dan sebanyak 450 petugas pemadam berjuang untuk memadamkan api di daerah seluas 810 hektare di Reno barat-daya.

"Petugas pemadam dari berbagai dinas tanggap kebakaran sedang bekerja secara tekun untuk memadamkan api," kata dinas pemadam di kota tersebut, sebagaimana dikutip AFP --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Ditambahkannya, "Catatan kualitas udara di seluruh lembah ini meningkat."

Sebanyak 9.500 orang sejauh ini telah diungsikan sementara pemerintah negara bagian Nevada, Washoe County dan kota Reno mengumumkan keadaan darurat, kata pemerintah Reno di jejaring resminya.

Reno Gazette-Journal melaporkan 25 rumah telah terpengaruh oleh kebakaran tersebut, tapi beberapa pejabat --sebagaimana dikutip-- mengatakan 4.900 rumah berpotensi terancam di daerah kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Reno Mike Hernandez tak bersedia berspekulasi mengenai apa penyebab kebakaran atau dari mana api berasal, kata surat kabar itu.
(C003/A011)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011