Jakarta (ANTARA News) - Pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee mengaku kemenangan yang diraih anak asuhnya pada SEA Games 2011 merupakan hasil kerja keras dan bukan hanya sebuah keberuntungan.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin, tim Harimau Malaya Muda itu mampu mengalahkan tuan rumah Indonesia dengan skor 5-4 dan berhak merebut medali emas.

Hasil yang diraih ini merupakan prestasi kedua berturut-turut yang diraih oleh Malaysia. Pada SEA Games 2009 di Laos, tim Harimau Malaya Muda ini juga menjadi yang terbaik. Indonesia selalu tuan rumah merebut perak dan Myanmar merebut medali perunggu.

"Ini semua hasil kerja keras. Semua pihak mulai dari pemain hingga federasi mempunyai dedikasi tinggi untuk mempertahankan gelar," kata Ong Kim Swee usai pertandingan.

Menurut dia, hasil yang diraih di SEA Games 2011 merupakan hasil dari kerja kerasnya dalam membangun tim. Materi pemain yang ada merupakan yang terbaik. Bahkan beberapa pemain sudah bergabung dengan tim senior pada Piala AFF 2010 lalu.

Selain kerja keras semua pihak, kata dia, mental pemain menjadi modal dalam memenangkan pertandingan partai final yang harus diakhiri dengan adu pinalti.

"Kami sempat kena macet, bahkan diganggu di jalan. Tapi semua pemain tetap tenang. Itu menunjukkan mental yang kuat. Hasilnya kami mampu memenangkan pertandingan," katanya menegaskan.

Ong Kim Swee berharap dengan hasil yang diraih pada SEA Games 2011 ini masyarakat Malaysia bisa memberikan apresiasi maksimal seperti yang diberikan suporter Indonesia kepada timnasnya.

"Terus terang kami irin dengan suporter Indonesia. Kami ingin masyarakat Malaysia juga memberikan apresiasi dengan keberhasilan ini," katanya dengan bersemangat.

Malaysia lolos ke final SEA Games 2011 dengan perjalanan yang nyaris sempurna. Sebelum lolos ke semifinal, anak asuh Ong Kim Swee itu mampu menjadi juara Grup A dan disemifinal mampu mengalahkan Myanmar dengan skor tipis 1-0.

Untuk pertemuannya dengan Indonesia merupakan yang kedua. Dalam dua pertandingan ini tim Harimau Malaya Muda selalu unggul yaitu 1-0 dibabak penyisihan dan 5-4 dibabak final.  (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011