Moskow (ANTARA News) - Moskow telah mengancam untuk mengerahkan rudal-rudal taktis di Belarusia dan di perbatasannya sendiri jika pembicaraan dengan Washington mengenai rencana pertahanan rudal Eropa gagal, kata seorang sumber senior diplomatik, Senin.

Sumber itu mengatakan kepada kantor berita Interfax bahwa Moskow mungkin akan menempatkan rudal Iskander di Belarusia dan di wilayah Krasnodar di Rusia. Negara itu sebelumnya mengancam untuk membuat landasan peluncuran rudal di daerah kantung Kaliningrad di Baltik, Rusia.

"Ini akan memungkinkan kami untuk menghadapi ancaman terhadap kekuatan strategis Rusia seandainya komponen-komponen pertahanan rudal Amerika Serikat dikerahkan ke dekat perbatasan kami," kata sumber tersebut.

Rusia menganggap sistem pertahanan rudal AS di Eropa, yang belum akan ditempatkan sepenuhnya hingga 2010, sebagai ancaman pada potensi nuklir strategisnya. Moskow telah mengancamkan "perlombaan senjata" baru dengan Washington jika kekhawatirannya diabaikan.

Rusia menyatakan mereka akan mengerahkan rudal Iskander pada saat pemerintah George W. Bush, tapi menunda rencana itu pada 2009, setelah Presiden Barack Obama mengurangi rencana pendahulunya itu. Rusia masih mengatakan sistem yang telah direvisi itu mengancam keamanannya.
(S008/C003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011