Basra (ANTARA News) - Tiga bom meledak, Kamis, di kota pelabuhan Basra di Irak selatan, sehingga menewaskan 19 orang, termasuk beberapa pejabat militer dan polisi berpangkat tinggi, serta melukai sedikit-dikitnya 65 orang, kata pejabat keamanan dan staf medis.

Sebuah bom di tepi jalan dan sebuah bom sepeda motor meledak secara hampir bersamaan pada sekitar pukul 18.40 (pukul 22.40 WIB) di sebuah pasar di Basra tengah, kata seorang pejabat kementerian dalam negeri.

Bom di tepi jalan yang ketiga meledak saat orang-orang berkumpul di tempat terjadinya ledakan, kata pejabat itu. Keterangan resmi kementerian dalam negeri Irak  menyebutkan korban 19 orang tewas dan 67 orang luka-luka.

Seorang komandan brigade militer dan seorang pejabat polisi berpangkat tinggi juga terluka dalam ledakan itu, kata pejabat tersebut.

Pada 27 Oktober  dua bom di tepi jalan di lingkungan tempat tinggal Urr di Baghdad menewaskan sedikitnya 32 orang dan melukai 71 orang.

Pada 2 November, tiga pemboman sepeda motor di Basra menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai sekurang-kurangnya 37 orang.
(S008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011