Kairo (ANTARA News) - Menter Luar Negeri Liga Arab, Kamis (24/11), memberi pemerintah Suriah tenggat 48 jam guna menandatangani protokol misi pengamat Liga Arab ke negeri itu.

Liga Arab menyatakan, dalam kesimpulan pertemuan luar biasa Kamis, kalau Suriah menolak untuk menandatangani protokol tersebut, Dewan Sosial dan Ekonomi Arab dijadwalkan bersidang pada Sabtu (26/11) guna membahas sanksi ekonomi terhadap Suriah.

Sanksi itu meliputi penghentian transaksi Arab dengan Bank Sentral Suriah serta pertukaran perdagangan dengan pemerintah, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Jumat pagi. Aset pemerintah juga akan dibekukan dan penerbangan ke negeri tersebut akan dibatalkan.

Badan pan-Arab itu memutuskan untuk segera mengirim misi pengamat Arab ke negeri tersebut sejalan dengan ketentuan dalam protokol itu ketika Suriah menandatanganinya.

Liga Arab juga menyeru pemerintah Suriah dan oposisi agar mengadakan dialog guna menghentikan kerusuhan dan menyelesaikan krisis di Suriah.
(C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011