Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono memperingati puncak acara Hari AIDS Sedunia 2011 yang dipusatkan di Lapangan Silang Monas Jakarta, Minggu.

Wapres dalam sambutan acara tersebut mengatakan, penyakit Aids hingga saat ini belum bisa ditaklukkan sepenuhnya, untuk itu ia mengimbau semua pihak untuk berpartisipasi dalam menanggulangi penyakit tersebut.

"Tugas yang penting menghentikan penyebaran penyakit HIV AIDS," katanya.

Wapres menambahkan, meski belum sepenuhnya dapat ditanggulangi, namun dengan kerjasama semua pihak dan upaya bersama maka ada secercah harapan di masa mendatang untuk dapat menaklukan penyakit yang berbahaya itu.

Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar yang juga Ketua Panitia Hari Aids Sedunia 2011 mengatakan, 85 persen dari mereka yang terkena AIDS adalah usia produktif.

Untuk itu, menurut dia, dalam peringatan Hari AIDS saat ini, pihaknya terus mendorong meningkatkan pemahaman dan komitmen seluruh masyarakat berpartisipasi dalam penanggulangan AIDS.

Ia juga mengharapkan pelaku usaha tidak lagi melakukan stigma dan diskriminasi pengidap AIDS.

Hari AIDS Sedunia ditetapkan setiap 1 Desember. Pada 2011 ini, Hari AIDS Sedunia di Indonesia mengambil tema lindungi pekerja dan dunia usaha dari HIV dan AIDS.

Puncak acara Hari AIDS dihadiri sekitar 6.700 dari pelajar, buruh, pelaku usaha, kalangan pemerintah dan juga LSM.
(M041)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011