Medan (ANTARA News) - Kejuaraan "Yamaha Open 2011" yang akan digelar di Sirkuit Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara di Jalan Pancing, Medan, Minggu (4/12), tidak hanya diikuti pebalap lokal, tetapi juga Aceh, Pekanbaru dan Pulau Jawa.

"Kegiatan lomba balap sepeda motor yang dilaksanakan di akhir tahun 2011 ini, dilakukan secara meriah dan diikuti 250 pembalap muda berbakat dan juga nasional," kata panitia penyelenggara kejuaraan Yamaha Open 2011, Yanto Pasaribu, dalam temu pers di Medan, Senin.

Selain semaraknya kegiatan adu kecepatan dengan menggunakan sepeda motor merek Yamaha itu, menurut Pasaribu, panitia juga menyediakan hadiah yang lumayan, yakni dengan total hadiah yang Rp48 juta.

"Perlombaan sepeda motor yang diadakan di sirkuit milik IMI Sumut yang memiliki standar nasional itu, juga menyediakan berbagai hadiah menarik lainnya. Ini kesempatan menarik dan jangan sampai dilewatkan," kata Pengurus Pengprov IMI Sumut itu.

Dia mengatakan, ajang balap sepeda motor ini diadakan, selain mencari bibit muda yang berbakat untuk dijadikan pembalap nasional, juga untuk mengantisipasi aksi ugal-ugalan pemuda di jalan raya.

Melalui sirkuit balap yang baru selesai di bangun ini, bisa tunjukkan kebolehan dan kemahiran para remaja pengendara sepeda motor untuk berlomba menghadapi lawan-lawannya.

"Para remaja pebalap dapat mempertontonkan kemahirannya dalam mengendarai sepeda motor di arena balap ini. Jangan di jalan raya yang dapat mengganggu arus lalu lintas atau masyarakat pemakai jalan raya," ujarnya.

Ketika ditanya kelas apa saja yang diperlombakan dalam kejuaraan Yamaha Open ini, Pasaribu mengatakan, ada enam kelas, yaitu Bebek 4 Tak Standar 115 CC, Matic Standar 115 CC, Bebek 4 Tak Tune Up 155 CC, Bebek 4 Tak Tune Up 135 CC (Jupiter MX), Sport 2 Tak Tune Up 135 CC, Matic sampai dengan 160 CC, Sport 4 Tak Standar 225 CC dan FFA sampai dengan 250 CC.

"Bagi setiap pendaftaran satu klas, dikenakan membayar uang senilai Rp150 ribu. Hingga saat ini peserta yang sudah mendaftar sudah tercatat mencapai puluhan orang, diperkirakan terus bertambah sampai penutupan Sabtu, 3 Desember 2011," kata Pasaribu.

Manajer Pemasaran Yamaha Sumatera bagian Utara (Sumbagut) di Medan, Yong Ting Lie mengatakan, kegiatan Yamaha Open Tahun 2011 ini diharapkan berlangsung sukses dan berjalan lancar, mengingat kejuaraan balap ini juga menutup akhir tahun dan menyambut Tahun Baru.

"Saya optimistis kejuaraan balap sepeda motor ini banyak peminatnya, mengingat hadiah yang diperebutkan juga cukup besar. Setiap Yamaha menggelar kegiatan lomba tetap sukses dan banyak pengunjung," ujarnya, berharap.

(M034/C004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011