Jerusalem (ANTARA News) - Israel dan Amerika Serikat bertekad untuk mencegah Iran memiliki senjata nuklir dan tidak menutup kemungkinan menggunakan segala cara untuk menghentikan usaha itu, kata menteri pertahanan Israel, Minggu.

"...kami bertekad akan mencegah Iran memperoleh senjata-senjata nuklir," kata Menteri Pertahanan Ehud Barak kepada radio publik, dua hari setelah bertemu dengan Presiden AS Barack Obama.

Sementara itu di Washington, Obama mengatakan pihaknya "telah bekerja dengan sungguh-sungguh" dengan sekutu  untuk menghentikan program nuklir Iran.

Pekan lalu,kepala staf militer Israel Letjen Benny Gantz mengumumkan pembentukan satu komando militer baru yang bertugas melakukan operasi-operasi strategis  dekat perbatasan-perbatasan Israel dan wilayah-wilayah Palestina.

Laporan-laporan media mengatakan korps itu mungkin akan mengganggu program nuklir Iran.

Bulan lalu, badan tenaga atom internasional PBB (IAEA) mengatakan pihaknya memiliki informasi yang dapat dipercaya bahwa Iran sedang melakukan "kegiatan-kegiatan berkaitan dengan pengembangan satu bahan peledak nuklir."

Iran menegaskan program nuklirnya adalah untuk tujuan damai medis dan pembangkit listrik negara nuklir.
(H-RN)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011