Bandung  (ANTARA News) - Seniman sunda asal Kota Bandung Aom Kusman Kartanagara tutup usia di kediamannya di Jalan Rajamantri Tengah 3 Nomor 3, Kota Bandung, Jumat, pukul 04.09 WIB.

"Iya saya dapat kabar berupa sms dari teman-temen yang lain kalau Kang Aom meninggal dunia tadi subuh di kediamannya," kata seniman sunda Tisna Sanjaya, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Jumat.

Tisna Sanjaya mengatakan, atas berpulangnya Aom Kusman ke sisi Allah SWT, maka dunia seni Indonesia, khususnya seni sunda, kembali kehilangan sosok yang berpengaruh dalam memajukan kesenian.

"Tentunya, lagi-lagi kita kehilangan sosok seniman yang sudah berhasil membawa seni sunda tidak hanya dikenal oleh masyarakatnya saja tapi oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Tisna.

Dia mengatakan, sosok Aom Kusman selama ini tidak bisa lepas dari sosok Kang Ibing (alm).

"Beliau, kalau menurut saya tidak bisa lepas dari sosok almarhum Kang Ibing," katanya.

Ia mengatakan, lima bulan sebelumnya, Aom Kusman juga sempat memesan lukisan kepada dirinya.

"Ya, jadi sekitar lima bulan lalu ketika itu kondisinya terlihat sehat. Beliau datang ke saya dan minta lukisan ke saya. Saya pun memberikan sebuah lukisan bertema `Berpikir Dengan Dengkul` ke beliau sebagai kenang-kenangan," ujarnya.

Tisna Sanjaya yang sedang berada di Yogjakarta, menuturkan, akan langsung pulang ke Kota Bandung untuk menghadiri pemakaman Aom Kusman.

"Saya sedang di Yogjakarta sekarang, rencananya pagi ini juga saya pulang ke Bandung. Mau menghadiri pemakaman beliau di Garut," ujar Tisna.

Kabar meninggal dunianya Aom Kusman juga sudah ramai dibicarakan di dunia maya seperti situs jejaring "Twitter" dan pesan "blackberry massanger".
(KR-ASJ)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011