Sofia (ANTARA News) - Kiper Twente Enschede, Nikolay Mihaylov, mengikuti jejak ayahnya, ketika ia dinobatkan sebagai pesepak bola Bulgaria terbaik tahun ini pada Jumat.

Ia mengakhiri dominasi penyerang Manchester United, Dimitar Berbatov, yang memenangi penghargaan tersebut empat tahun berturut-turut sejak 2007, lapor Reuters.

Mihaylov (23), yang mendapat 224 poin pada jajak pendapat tahunan, meraih penghargaan serupa seperti yang didapatkan ayah dan kiper Bulgaria, Borislav Mihaylov, yang sekarang menjadi presiden Serikat Sepak bola Bulgaria (BFU).

Kakek Nikolay, Biser, juga menjadi kiper timnas pada periode 1970-an.

Kapten Aston Villa, Stilian Petorv, berada di peringkat kedua, dengan 200 poin, sementara Berbatov mengisi peringkat ketiga dengan 196 poin.

Mihaylov bergabung dengan Liverpool setelah sebelumnya membela Levski Sofia pada 2007, tetapi ia kemudian dipinjamkan ke Twente setelah gagal mendapatkan izin kerja karena minimnya penampilan internasional. Klub Belanda tersebut mengontraknya secara permanen pada tahun lalu.

Berbatov, pencetak gol terbanyak Bulgaria dengan 48 gol internasional, memenangi penghargaan tersebut tujuh kali pada sembilan tahun terakhir, dengan Stilian Petrov pada 2003, dan pemain sayap Bolton Wanderers, Martin Petrov, pada 2006, menjadi pemenang lain dalam kurun waktu tersebut.

Tahun lalu, Berbatov telah meminta kepada jurnalis olahraga untuk berhenti memilih dirinya. Ia berkata kalau dirinya ingin melihat pemain-pemain muda meraih penghargaan tersebut.  (RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011