Bapak rakyat yang berhati-lembut dan arah Matahari karena ia adalah orang yang diikuti rakyatnya sampai musnahnya Bumi"
Pyongyang (ANTARA News) - Media resmi Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) Minggu mengabarkan, Kim Jong Un adalah pemimpin besar rakyat Korea sebagaimana ayahnya Kim Jong Il.

"Semua orang Korea merasa bahwa Kim Jong Un adalah pemimpin rakyat, sebesar Kim Jong Il," kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) seperti dikutip Xinhua.

Kim Jong Un mengambil langkah-langkah khusus untuk mengangkut ikan segar ke Pyongyang dan memberikannya kepada setiap keluarga saat itu, meskipun ia mengalami kesedihan terpahit daripada yang lain, kata KCNA.

KCNA menyebut Kim Jong Un "identik" dengan Kim Jong Il, yang katanya adalah "Bapak rakyat yang berhati-lembut dan arah Matahari karena ia adalah orang yang diikuti rakyatnya sampai musnahnya Bumi."

Surat kabar resmi Rodong Sinmun menerbitkan "esai politik" yang berjudul "Panglima Tertinggi kami" Sabtu lalu dengan menyebut Kim Jong Un sebagai "panglima tertinggi dan jenderal" negara.

Kim Jong Il meninggal akibat "ketegangan mental dan fisik yang besar" selama inspeksi 17 Desember di dalam kereta apinya.

KCNA menyebut Kim Jong Un sebagai pemimpin tertinggi angkatan bersenjata revolusioner DPRK dan ini adalah pertama kalinya media Korea Utara menyebut Kim Jong Un dengan sebutan seperti itu.

Sabtu lalu, Rodong Sinmun, satu surat kabar Republik Demokratik Rakyat Korea memuji Kim Jong Un, sebagai "panglima" dari Tentara Rakyat Korea (KPA).

"Kamerad Kim Jong Un, silakan menerima gelar panglima tertinggi dari rakyat dan pemimpin Korea Kim Il Sung untuk kemenangan abadi," kata koran itu dalam editorialnya.(*)

H-AK/S004

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011