Surabaya (ANTARA News) - Persebaya Surabaya berhasil menjuarai Turnamen Unity Cup 2011 setelah dalam pertandingan putaran kedua final berhasil menang 3-2 melawan tim Juara Liga Malaysia, Kelantan FA, di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Rabu malam.

"Ini merupakan gelar yang indah di akhir tahun dan menjadi modal berharga dalam mengarungi pertandingan di Liga Primer Indonesia berikutnya," ujar Pelatih Persebaya, Divaldo Alves, saat ditemui setelah pertandingan usai.

Persebaya berhak mengangkat piala setelah menang dengan skor agregeat 4-3. Pada putaran pertama, 23 Desember 2011, tim berjuluk Bajul Ijo tersebut menahan tuan rumah Kelantan FA dengan skor 1-1.

Dalam pertandingan yang disaksikan sekitar 27 ribu penonton itu, tiga gol Persebaya dicetak Andik Vermansyah di menit 16, Feri Ariawan di menit 65, dan pemain asing asal Brazil Otovio Dutra pada menit 74.

Sementara itu, dua gol balasan "The Red Warriors" dicetak oleh Norshahrul Idlan Talaha di menit 48 dan Indra Putra di menit 90.

"Kami sangat puas dengan permainan Andik dan kawan-kawan. Terima kasih kepada bonek mania yang selama 90 menit tidak berhenti menyanyi dan menyuntikkan semangat pemain," kata Alves.

Pelatih Kelantan FA, Peter James Butler menerima kekalahan ini dan memberi ucapan selamat kepada Persebaya. Meski mengaku kecewa dengan permainan anak asuhnya, namun ia menilai pertandingan kali ini memiliki atmosfir sangat tinggi.

"Sebuah pertandingan luar biasa. Apalagi disaksikan oleh puluhan ribu suporter yang tidak berhenti mendukung. Jujur kami salut kepada bonek mania dan inilah suporter nomor satu di Indonesia," katanya kepada wartawan setelah pertandingan usai.

Pelatih berkebangsaan Inggris tersebut mengaku akan melihat rekaman video pertandingan untuk mengevaluasi dan membenahi sektor-sektor serta posisi yang masih dianggap rawan.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng yang turut menyaksikan langsung pertandingan di stadion berjanji bahwa Unity Cup akan menjadi agenda rutin tahunan.

"Bahkan nanti tidak hanya dua negara saja yang ikut, tapi melibatkan negara-negara Asia Tenggara. Dengan sepak bola, diharapkan akan semakin meningkatkan kerja sama antarnegara," paparnya.

Hal senada dikatakan Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Dato Seri Shabery Chek. Menurut dia, turnamen semacam ini perlu dipertahankan dan akan menambah peserta dari negara di Asia Tenggara.

"Turnamen Unity Cup 2011 ini menjadi yang pertama. Musim depan harus ada turnamen semacam ini serta mengundang tim-tim juara di liga sepak bola masing-masing negara," ucapnya.

(ANT-165/E011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011