Jakarta (ANTARA News) - PT Jasa Marga Tbk menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) konsolidasi pada tahun 2012 sebesar Rp7,7 triliun, naik dibanding capex 2011 sebesar Rp3,5 triliun.

"Capex 2012 lebih besar dibanding tahun lalu (2011) menyusul terwujudnya pembangunan tol baru yang mencapai 10 proyek," kata Direktur Keuangan Jasa Marga Reynaldi Firmansyah, di Kantor Pusat Jasa Marga, Kamis.

Menurut Reynaldi, investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol baru mencapai Rp6,3 triliun, sedangkan Rp1,4 triliun untuk peningkatan kualitas dan kapasitas jalan tol yang sudah ada, berupa pelebaran jalan, penambahan jumlah gardu, dan modernisasi gardu.

Reynaldi mengemukakan, dana capex tersebut sebesar Rp1,6 triliun dibiayai dari ekuitas sedangkan selebihnya dari pinjaman perbankan," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa capex pada 2012 masih dibiayai perbankan, namun tidak tertutup kemungkinan Jasa Marga juga menerbitkan obligasi.

Pada tahun 2012 sebanyak 10 proyek jalan tol yang memasuki masa penyelesaian pembebasahan lahan, antara lain ruas Ungaran-Bawean, Jawa Tengah, yang sudah memasuki pembebasan lahan 93 persen.
(R017)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011