Jakarta (ANTARA News) - Pagi yang indah biasanya dimulai dengan hadirnya kicauan burung. Fakta ini bukanlah omong kosong, karena sebuah penelitian yang dilakukan di University of Surrey di Inggris menyebutkan bahwa kicauan burung dapat mempengaruhi kreatifitas seseorang dan kedamaian batin.

"Selaras dengan anekdot bahwa otak manusia bereaksi secara positif terhadap kicauan burung, namun masih sedikit jumlah penelitian yang bisa membuktikan hal ini," ujar para peneliti dari Surray University , Eleanor Ratcliffe, seperti dikutip dari Guardian.

Menurut hasil penelitian Surray University selama tiga tahun,  kicauan burung membantu otak dan tubuh untuk relaksasi serta membantu otak untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan kreatifitas yang lebih cepat.

Ratcliffe menyatakan suara parau melengking dan parkit liar serta lengkingan burung khas Inggris dianggap tak memiliki dampak yang menenangkan. Tetapi suara kicauan dari dua burung itu menurut Ratcliffe membangun ingatan untuk seseorang atas perasaaan atau tempat.

Penelitian lanjutan yang akan dirampungkan Ratcliffe adalah untuk mengetahui jika  suara serak dari burung yang direkam melalui sebuah perangkat elektronik dapat berdampak serupa pada otak dan tingkah laku manusia..Ia akan membagi penelitiannya diwilayah kota dan pedesaan.

Ratcliffe membutuhkan berjam-jam  untuk mendengarkan burung-burung itu berkicau di daerah pedesaan. Ia berharap bisa menghasilkan hasil maksimum mengenai dampak psikologis pada kicauan burung.
(yud)


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011