Bandung (ANTARA News) - Jajaran Polrestabes Bandung melakukan rekayasa jalur di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Bandung, Jawa Barat, untuk menghindari kemacetan total pada Malam Tahun Baru 2012, Sabtu malam.

"Sejumlah ruas jalan ditutup dan lainnya dilakukan rekayasa jalan untuk menghindari penumpukan arus lalu lintas pada Malam Tahun Baru 2012, Sabtu malam ini. Kami melakukan penutupan di sejumlah ruas jalan tidak lain demi kenyamanan warga Bandung," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Widodo Eko Prihastopo di Pendopo Wali Kota Bandung, Sabtu. 

Widodo menyatakan rekayasa jalur itu didasarkan pada pengalaman pengamanan malam Tahun Baru tahun-tahun sebelumnya dengan target menghindari kemacetan total di ruas jalan utama Kota Kembang.

Sejumlah ruas jalan yang rawan macet total antara lain Pasteur- Paspati - Gasibu, Jl Dago - Juanda - Merdeka, Jalan Asia Afrika, dan Jl Cipaganti - Setiabudi - Lembang 

Widodo menyebutkan, pihaknya mencoba meminimalisasi simpul-simpul pertemuan arus lalulintas dengan mengalirkan jalur melalui jalan-jalan yang ada di sekitar jalur padat itu.

Ia mengakui kepadatan arus lalu lintas di Jalan Juanda, Pasteur dan Lembang dipastikan mencapai puncaknya malam ini, dan rekayasa jalur dilakukan sejak siang hari ini.

Berdasarkan skema rekayasa jalur sementara ini mencegah arus lalu lintas dari arah barat maupun selatan masuk ke pusat Kota Bandung, melakukan melingkarkan jalur di utara dan selatan.

"Pengaturan kendaraan yang masuk ke kota Bandung akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan, yang jelas simpul-simpul pertemuan arus lalu lintas diminimalisasi," katanya.

Polrestabes Bandung menurunkan 4.500 personelnya sejak Malam Natal 2011 lalu, disamping bantuan dari Dalmas Polda Jabar, Brimob dan TNI-AD.(*)

S033/R010

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011