Kairo (ANTARA News) - Sebanyak 47 pengamat akan bergabung dengan delegasi Liga Arab ke Suriah, kata pejabat Liga yang bertugas misi pengamat pada Sabtu.

Adnan al-Khoudhir Issa, kepala ruang operasi Liga Arab  mengatakan pada konferensi pers bahwa "22 pengamat dari Irak dan 25 lainnya dari Dewan Kerja sama Teluk (GCC) akan diberangkatkan ke Suriah."

Liga Arab telah mengirimkan puluhan pengamat ke Suriah untuk memantau situasi di sana.

Kamar operasi Liga Arab yang berbasis di Kairo, didirikan pada 22 Desember, berada dalam kontak konstan dengan para pengamat dan telah menerima laporan-laporan mereka mengenai krisis Suriah.

Adnan mengatakan "sebagian besar keluhan tentang tahanan dan narapidana, dan kami mengirimkan semua informasi mengenai nama dan alamat untuk delegasi di Damaskus untuk mereka periksa di lapangan."

Ditanya tentang kemungkinan media asing untuk meliput krisis di tanah Suriah, Adnan mengatakan bahwa pemerintah Suriah akan memungkinkan media setelah mereka mendapatkan lisensi yang diperlukan.

Pejabat itu juga menyatakan harapan bahwa media harus akurat dalam pelaporan berita tentang misi pengamat Liga Arab, selain itu akan memiliki dampak negatif pada seluruh pekerjaan.

Suriah menandatangani protokol pengamat Liga Arab pada 19 Desember di Kairo setelah Liga mengancam untuk merujuk krisis Suriah ke Dewan Keamanan PBB.
(H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012