Jumlah pastinya kami belum dapat sampaikan karena belum ada keputusan dari Banggar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau, pada tahun 2012 ini berniat membangun waduk di beberapa wilayah paling rentan terkena banjir musiman akibat hujan yang mengguyur secara terus menerus di musimnya.

"Waduk ini rencananya akan dibangun sebagai tempat penampungan air sementara sebelum akhirnya akan dibuang ke sejumlah aliran sungai yang berada di dekatnya," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pekanbaru, Dedi Gusriadi, di Pekanbaru, Selasa.

Kata Dedi, rencananya akan ada tiga waduk di daerah-daerah yang rawan banjir. Ketiganya akan dibangun di Kecamatan Rumbai, kemudian satu akan dibangun di sekitar perkotaan tepatnya di Jalan Arifin Achmad.

"Kemudian satu waduk lagi akan dibangun di Kecamatan Tampan mengingat juga banyak wilayah sekitar yang kerap dilanda banjir saat musim hujan datang," katanya.

Rencana pembangunan waduk-waduk ini kata Dedi, sebelumnya telah diajukan ke dalam anggaran tahun 2012 dengan nominal yang mencapai miliaran rupiah.

"Jumlah pastinya kami belum dapat sampaikan karena belum ada keputusan dari Banggar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)," ujarnya.

Sebelumnya, hujan yang mengguyur `Kota Bertuah` secara terus menerus sempat membuat sejumlah wilayah di Ibukota Provinsi `Kaya Minyak` terendam banjir dengan ketinggian air yang beragam. Seperti di Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai, Kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Rumbai Pesisir dan Kecamatan Tampan serta Sukajadi.

Banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Siak dan beberapa anak sungai yang membelah sejumlah daerah tersebut membuat ribuan rumah terendam dengan ketinggian air maksimum 1,5 meter.

(KR-FZR/M009)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012