Makassar (ANTARA News) - Rama Widi pemain harpa asal Kabupaten Tanatoraja, Sulawesi Selatan yang bergabung dengan orchestra asal Vienna, Austria akan melakukan konser Soloist of Symphonia Vienna di Aula Simfonia Jakarta pada 14 dan 15 Januari 2012.

"Semua persiapan sudah dilakukan dan semoga konser yang bertajuk New Years Concert with The Soloist of Symphonia Vienna, Austria akan menjadi momen untuk lebih memasyarakatkan alat musik harpa di Indonesia," ujar Rama Widi di Makassar, usai mengunjungi kampung halamannya di Kabupaten Tanatoraja, Sulsel, Jumat.

Ia mengatakan, konser yang akan digelarnya bersama Symphonia Vienna itu merupakan tur awalnya di 2012 dan akan menampilkan principal-principal (pemimpin) dari tiap instrumen untuk menunjukan kebolehannya dalam bermain musik klasik tingkat tinggi.

Dengan musikalitas klasik yang sangat indah ini, kata putra mantan Wakabareskrim Mabes Polri, Irjen Pol Mathius Salempang, itu menjadikan alasan mengapa mereka terpilih menjadi principal dalam Symphonia Vienna yang akan digelar itu.

Dalam konser itu juga, 15 dari 65 musisi dunia yakni prinsipal dari Symphonia Vienna, Rama yang mewakili Indonesia ingin membangun sebuah jembatan antara Austria-China dan Indonesia melalui lantunan dan alunan musik yang indah.

"Semua musisi pasti menginginkan agar musiknya diterima semua kalangan. Kami juga sama dan berharap agar musik klasik yang hanya dikenal oleh masyarakat kelas tertentu ini bisa diterima sebagai hiburan yang menarik," katanya.

Pada konser kali ini, dirinya yang sudah menjadi principal Harpa pada orkestra Symphonia Vienna sejak 2011 berharap bisa menjadi momentum untuk meyakinkan masyarakat jika musik klasik bukan untuk kelas tertentu tapi menjadi bagian dari masyarakat dunia tanpa harus mengenal perbedaan.

Ia juga mengaku bahwa musik sebagai simbol bahasa universal yang mampu menyatukan perbedaan dan bukan cuma olahraga seperti sepak bola dan sebagainya.

"Dengan alunan musik yang indah, pastinya akan mampu membawa seseorang bebas dan larut dalam mimpi apapun," ucapnya.

Sebelumnya, Rama Widi adalah pemain harpa terbaik di Indonesia yang telah bermain dengan banyak orkestra di Eropa dan Indonesia. Rama telah menggelar tur keliling Eropa dengan Zoltan Kodaly bersama World Youth Orchestra, dan tur keliling Cina dengan Symphonia Vienna Orchestra.

Selain menjadi pemain harpa laki-laki pertama, Rama juga menjadi peharpa pertama Indonesia yang tampil solo dengan orkestra-orkestra ternama dunia dan Indonesia. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012