Cikarang, Jawa Barat (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metro Jaya meminta peran Panitia Pengawas Pemilu untuk bersinergi dengan polisi dalam rangka memperkuat keamanan jalannya Pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang dijadwalkan berlangsung sekitar Agustus 2012.

"Tugas kami ialah pengamanan juga penyidikan manakala muncul konflik saat pemilu. Tapi kalau konfliknya karena masalah administrasi, Panwaslu yang harus bertindak," ujar Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Untung S Rajab, usai mengunjungi Mapolresta Bekasi Kabupaten, Minggu.

Menurut Untung, perlu ada sinergitas antara dua lembaga tersebut dalam mengawal terlaksananya pilgub yang sesuai dengan aturan hukum dan amanat masyarakat.

Untung menyatakan kesiapan pihaknya dalam mengamankan pesta demokrasi tersebut dengan kekuatan personel gabungan dari lintas lembaga seperti TNI dan Satpol PP bahkan Satpam dan komunitas Siskamling.

"Kalau pengamanan kami selalu siap tentunya dengan dibantu seluruh personel lintas lembaga," katanya.

Untung juga berpesan agar setiap pihak yang terlibat dalam Pilgub nanti mengedepankan musyawarah untuk menyelesaikan masalah guna menghindari perdebatan panjang di tengah masyarakat.

"Kalau tidak bisa musyawarah, lewat hukum saja karena tidak ada ceritanya kalau sampai terjadi anarkisme," katanya.
(T.KR-AFR/Z003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012