Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah melelang puluhan karya senirupa dari para seniman Muhammadiyah untuk membiayai pembuatan film Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman yang diperkirakan membutuhkan dana Rp30 miliar.

"Pameran dan lelang ini untuk penggalangan dana bagi pembuatan film dokumenter Jenderal Soedirman," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Dr. H. Suyatno, M.Pd yang membuka Pameran Senirupa Islami "Kepada Matahari" bersama dan Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Tohari di Uhamka Pasar Rebo Jakarta, Senin.

Seni yang dipamerkan ini berupa karya senirupa kaligrafi hingga bentuk gambar timbul di atas bingkai logam. Rektor Uhamka menjadi pembeli pertama karya senirupa tersebut seharga Rp30 juta.

Para seniman perupa Muhammadiyah tersebut antara lain Ahmad Zaenuri, Tri Purwanto, Rispul hingga Saiful Adnan yang karya-karyanya dikoleksi Mahatir Mohammad hingga Raja Fahd.

Sementara itu, Ketua PP Muhammadiyah bidang Majelis Lingkungan Hidup dan Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Sukriyanto AR mengatakan, film kolosal Jendral Soedirman ini dijadwalkan sudah mulai syuting akhir Juli dan bisa tayang pada Hari Pahlawan 10 November tahun ini.

"Sutradaranya masih tentatif, kemungkinan Eros Djarot, sedangkan bintang-bintangnya masih akan dipilih melalui sejumlah audisi casting," katanya.
(D009)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012