... Ada peningkatan kinerja dari tahun sebelumnya, cukup positif...
Bandung (ANTARA News) - PT Bio Farma (Persero) dijadwalkan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Jumat (13/1). Secara umum, kinerja perusahaan negara satu-satunya produser vaksin itu meningkat signifikan.

"Rencananya RUPS PT Bio Farma akan digelar Jumat nanti di Jakarta, akan membahas kinerja 2011," kata Kepala Bagian Humas PT Bio Farma, Nurlaela, ketika dihubungi dari Bandung, Rabu.

Sebagai perusahaan BUMN, seluruh pemegang sahamnya adalah pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN.

Menyinggung kinerja perusahaan pada 2011, dia menyatakan, "Ada peningkatan kinerja dari tahun sebelumnya, cukup positif."

RUPS tersebut merupakan salah satu tahapan pertanggungjawaban kinerja perusahaan sekaligus menetapkan strategi dan target perusahaan untuk 2012. Menurut dia, pihaknya optimis pengembangan pada 2012 semakin baik.

Selain dari sisi produksi vaksin yang sudah diproduksi perusahaan BUMN itu, juga dalam riset untuk mendapatkan vaksin jenis baru.

Menurut Nurlaela, Bio Farma sebagai satu-satunya perusahaan vaksin terbesar di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara memiliki tanggung jawab besar dalam mendukung pemerintah untuk mencapai sasaran MDGs dan meningkatkan IPM khususnya dalam bidang kesehatan.

Dukungan besar Bio Farma ditunjukkan dengan memproduksi vaksin untuk pemenuhan kebutuhan program imunisasi nasional yang termasuk dalam Expanded Program on Immunization (EPI).

Dalam menyelenggarakan program CSR khususnya bidang kesehatan, Bio Farma telah melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dan komunitas (community relations) di sekitar lingkungan perusahaan.

"Program CSR yang dikembangkan Bio Farma telah berdasarkan ISO 26000:2010 mengenai tanggung jawab sosial, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi pengembangan yang berkelanjutan (suistainable development)," katanya.

Selain itu perusahaan itu juga telah mulai merintis program CSR ke arah berkelas dunia yang mengacu pada ISO 26000:2010, antara lain konsentrasi pada akses layanan kesehatan, hemat energi, mata air, edukasi tentang pentingnya imunisasi kepada generasi muda, melibatkan masyarakat dengan pemberian vaksin Seasonal Flu dan Hepatitis B bagi masyarakat. (S033)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012