Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Kliminologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga wilayah pantai utara Jakarta untuk mewaspadai kemungkinan air meluap antara 19 - 24 Januari 2012.

Pada rentang waktu itu akan terjadi siklus bulan mati yang menyebabkan air laut naik (rob) dengan ketinggian maksimum 1,1 meter.

"Jika berbarengan dengan hujan intesitas sedang hingga lebat pada periode tadi, maka perlu ada kewaspadaan karena otomatis akan menambah ketinggian rob di darat," jelas Kasubid Informasi BMKG Hary Tirto Djatmiko kepada ANTARA, Senin.

Hary mengatakan rob adalah fenomena astronomis rutin yang terjadi dua kali dalam setiap bulani, yakni saat bulan purnama pada 1-6 Februari dan bulan mati.

Jika terjadi pertemuan hujan lebat di hilir dan rob, wilayah pantai utara Jakarta mesti waspada, apalagi jika ada hujan di wilayah hulu.

"Karena jika di wilayah hulu, misal Depok dan Bogor juga terjadi hujan sangat lebat, otomatis akan mengirim air ke wilayah DKI Jakarta," ujar Hary.

BMKG memperkirakan pada pertengahan pekan ini hingga akhir pekan, terjadi  hujan yang kadang lebat, sementara bulan puncak musim hujan terjadi antara pertengahan Januari hingga pertengahan Februari.

M047

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012