Selasa, 21 Oktober 2014

Mapala UI ekspedisi ke Gunung Masurai Jambi

| 4.595 Views
id mapala ui, ekspedisi, gunung masurai, jambi
Mapala UI ekspedisi ke Gunung Masurai Jambi
Sebagian dari keseluruhan anggota Tim Ekspedisi Gunung Masurai Mapala Universitas Indonesia bergembira sebelum memulai aktivitas luar ruang mereka. (Mapala Universitas Indonesia)
... berencana melakukan trekking selama sepuluh hari setelah sampai di titik acuan pertama di Desa Talang Asal, Kecamatan Lembah Masurai, menuju ke puncak dan berakhir di Desa Rantau Kermas, Kabupaten Merangin, Kecamatan Jangkat, Provinsi Jambi...
Jakarta (ANTARA News) - Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia kembali melakukan ekspedisi pendidikan bagi para anggota dan calon anggotanya. Kali ini 23 calon anggota berangkat bersama 14 mentornya menapaki jalan dan hutan bervegetasi rapat menuju Gunung Masurai, Jambi.

Menurut Fransiska Nugrahani, pengurus Malapa Universitas Indonesia, di Jakarta, tim ekspedisi itu telah berangkat beberapa hari sebelumnya menempuh perjalanan darat memakai bis. Walau penekanan utama ekspedisi adalah semacam "tugas akhir" bagi ke-23 calon anggota sebelum dilantik menjadi anggota penuh, namun aspek pendidikan juga diarusutamakan.

"Selain mendewasakan diri dan bersahabat dengan alam, tujuan ekspedisi ini mengaplikasikan materi perjalanan dan kemampuan berorganisasi yang telah diberikan oleh mentor kepada calon anggota pada tahap pertama dan kedua Badan Khusus Pelantikan 2011," katanya.

BKP Mapala 2011 sendiri merupakan badan pelantikan anggota baru yang dibentuk oleh Badan Pengurus (BP) dan dimulai pada bulan Maret 2011 dan berakhir Maret 2012. Keterangan tentang kedua organ ini memberi kilasan tata organisasi yang dilakukan organisasi kepecintaalaman itu.

Persiapan perjalanan panjang ini bisa dibilang sangat singkat. "Hanya satu setengah bulan dan program latihan intensif dilakukan pada masa kuliah dan di tengah ujian akhir semester," katanya.     

Dikatakan Nugrahani, seorang peserta ekspedisi, Hadiyan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Angkatan 2011, menyatakan, "Saya senang ikut perjalanan panjang ini karena merupakan kali pertama saya pergi keluar Pulau Jawa, dan dengan begitu saya bisa naik gunung di Jambi yang indah."

Tim perjalanan panjang berencana melakukan trekking selama sepuluh hari setelah sampai di titik acuan pertama di Desa Talang Asal, Kecamatan Lembah Masurai, menuju ke puncak dan berakhir di Desa Rantau Kermas, Kabupaten Merangin, Kecamatan Jangkat, Provinsi Jambi.

Dilihat di peta, jarak kedua lokasi itu sekitar 49,5 Km. Adapun medan alam yang akan dilalui berupa hutan tropis lebat.

Mapala sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa di Universitas Indonesia memiliki kewajiban mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya diimplementasikan melalui kegiatan perjalanan panjang.

"Selain melakukan perjalanan pendidikan lingkungan, dan mengamati potensi ekowisata gunung Masurai, kami juga membuat bakti sosial di Desa Rantau Kermas pada tanggal 2 Februari 2012," ujar Ketua Mapala Universitas Indonesia periode kini, Randy E Octaviansyah. (ANT)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga