Ottawa (ANTARA News) - Militer Kanada --yang menghadapi pengetatan ikat pinggang, skandal mata-mata dan belum lama ini telah menyelesaikan misi tempur sembilan tahun di Afghanistan-- pada Jumat (20/1), memesan 20.000 bola penghilang stres.

Militer, katanya, memerlukan mainan lunak yang bisa diremas itu yang dirancang untuk menghilangkan stres paling lambat akhir Maret, sebelum awal tahun fiskal baru, demikian jejaring yang mengiklankan kontrak pemerintah.

Kanada menurunkan benderanya di Kandahar, Afghanistan Selatan, dan menyerahkan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Afghanistan dan AS pada 1 Desember, sehingga mengakhiri penggelaran tentaranya di Afghanistan Selatan dan misi tempur paling lamanya.

Perang di Afghanistan merenggut 157 nyawa prajurit Kanada, serta dua pekerja bantuan, seorang diplomat senior, wartawan dan pelatih militer --dan lebih dari 11 miliar dolar AS.

Sekarang Departemen Pertahanan Kanada menghadapi pemotongan anggaran sebagai bagian dari upaya lebih luas pemerintah untuk memangkas pengeluaran sebesar 10 persen, demikian laporan AFP --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Baru-baru ini, seorang perwira Angkatan Laut Kanada ditangkap dan menghadapi tuntutan menyerahkan rahasia militer, yang dilaporkan kepada Rusia.

Tak ada keterangan lain mengenai pesanan bola penghilang stres tersebut yang diberikan, selain bola karet tersebut harus berwarna "oranye".
(C003/A011)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012