Shio naga sangatlah ditunggu-tunggu karena kemunculannya setiap 60 tahun. untuk tahun ini shio naga air yang dipercaya memberikan keberuntungan dan rejeki.
Denpasar (ANTARA News) - Sejumlah warga keturunan Tionghoa percaya jika shio pada tahun ini, yakni naga air, dapat memberikan keberuntungan dan rejeki.

"Shio naga sangatlah ditunggu-tunggu karena kemunculannya setiap 60 tahun. untuk tahun ini shio naga air yang dipercaya memberikan keberuntungan dan rejeki," kata Humas Griya Kongco Dwipayana, Linda, di Denpasar, Minggu.

Menurut dia, namun keberuntungan itu hanya bisa diperoleh bagi siapa saja yang bisa menyiasati keadaan dengan baik.

Ia menjelaskan, naga itu adalah hewan suci yang dianggap melambangkan keagungan, kemuliaan dan kebahagiaan. Tapi memiliki sifat tidak menyukai ketidakadilan dan orang-orang yang berbuat jahat.

"Sehingga pada tahun ini selain diwarnai keberuntungan maka kami menduga akan ada juga bencana terutama yang berkaitan dengan air, seperti banjir," ujarnya.

Linda mengatakan, berdasarkan astrologi tradisional Tionghoa, pada 2012 adalah Tahun Baru Cina yang ke 2.653. Setiap tahun, dalam astrologi Cina, diwakili satu shio yang memimpin 12 shio lainnya.

Berdasarkan perhitungan astrologi tersebut, tahun ini disebut tahun naga air, yang hanya muncul 60 tahun sekali.

Menurut kepercayaan Tionghoa kuno, shio adalah zodiak yang memakai jenis hewan untuk melambangkan tahun, bulan, dan waktu. Pada dasarnya, ke-12 jenis hewan ini melambangkan 12 cabang Bumi dan 10 batang tahun yang berupa planet di jagat raya.

Kemudian shio tersebut digabung dengan lima unsur alam, yakni logam, air, kayu, tanah dan api, yang membentuk periode 60 tahun.

Dalam bahasa Indonesia, istilah shio diambil dari dialek Hokkian, yakni sheshio. Ke-12 shio yang termasuk di dalamnya adalah tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012