Sebelumnya saya berniat membuang jantung pisang tersebut karena selain dapat disayur dan tandannya cukup panjang, namun niat itu saya urungkan. Akhirnya begini jadinya setelah berbuah tandannya hampir dua meter.
Bengkulu (ANTARA News) - Sebatang pisang batu atau kepok tumbuh unik karena berbuah dengan tandan sepanjang lebih kurang dua meter, pohon pisang tersebut milik warga Jalan Padat Karya 28, Kelurahan Lingkar Timur, Kota Bengkulu, Bengkulu.

Cici Kurnaisih (58) pemilik pohon pisang tersebut, Jumat, mengatakan pohon pisang yang dia tanam tersebut berjenis pisang batu atau pisang kepok, namun setelah berbuah dengan tandan sepanjang lebih kurang dua meter ini malah mirip pisang raja sri.

"Sebelumnya saya berniat membuang jantung pisang tersebut karena selain dapat disayur dan tandannya cukup panjang, namun niat itu saya urungkan. Akhirnya begini jadinya setelah berbuah tandannya hampir dua meter," katanya.

Ia mengakui, ketika hendak memotong jantung pisang ini perasaannya tidak enak sehingga rencana pembuangan jantung pisang itu ditunda hingga keesokan harinya, namun setelah sampai di rumah ia sakit hingga satu minggu.

Sementara itu Yusila (39) anak Cici Kurniasih mengatakan di antara buah pisang tersebut ada yang masak dan ketika diambil tiga buah dan mencicipi rasanya berbeda-beda ada yang manis seperti madu, ada yang asam dan ada juga yang tawar.

"Ketika diambil oleh anak saya tiga buah rasanya berbeda-beda," katanya.

Ia mengatakan belum ada rencana jika buah pisang tersebut matang akan dimakan bersama keluarga dan dibagikan ke tetangga meski jumlahnya cukup banyak atau mencapai ratusan.

(I016)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012