Ini pertandingan fisik, hampir lima jam, ini salah satu pertandingan terbaik yang pernah saya mainkan, sangat menguras emosi dan mental.
Melbourne (ANTARA News/Reuters) - Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic akan bertemu Rafael Nadal pada final Australia Terbuka, setelah pada pertandingan semifinal, Jumat, dengan susah payah menghentikan perlawanan petenis Inggris Andy Murray.

Juara bertahan yang mengaku sempat mengalami masalah pernafasan saat pertandingan sebelumnya perempat final melawan David Ferrer itu, tampak sangat kelelahan namun masih mampu memenangi pertandingan yang memakan waktu empat jam 50 menit melawan Murray dengan skor 6-3, 3-6, 6-7, 6-1, 7-5.

"Ini sulit untuk digambarkan, saya mencoba fokus pada setiap poin," kata Djokovic yang akan menghadapi Nadal pada final Minggu.

"Ini pertandingan fisik, hampir lima jam, ini salah satu pertandingan terbaik yang pernah saya mainkan, sangat menguras emosi dan mental," katanya.

"Kami selalu mencoba untuk menjaga servis, Andy memang pantas kembali ke pertandingan...terimakasih semua penonton yang tetap betah menonton dan saya harap ini menjadi hiburan," tambahnya.

Pada pertandingan semifinal itu, Djokovic bermain susah payah setelah beberapa permainan reli panjang hingga 20 pukulan pada set pertama.

Namun petenis berusia 24 tahun itu masih mampu berjuang untuk meraih set pertama ketika Murray memberinya dua "cheap breaks".

Djokovic terus memanfaatkan momentum ini untuk meraih keunggulan 2-0 di set kedua sebelum Murray mampu mencuri empat game berikutnya, dan akhirnya mampu meraih set kedua setelah bermain 65 menit.

Pada set ketiga permainan bertambah alot, Murray membuat pontang-panting lawannya beberapa kali sebelum membuat unggul 2-1 ketika pengembalian pukulan forehand Djokovic melebar pada saat tiebreak.

Namun pada set berikutnya keempat, Murray mampu dibungkam, dia hanya mampu memeangi empat poin pada empat game pertama ketika Djokovic terus melaju untuk memenangi set dengan mudah dalam waktu 25 menit.

Pada set penentuan kelima, permainan kembali menegangkan, Djokovic sempat unggul 5-2, namun Murray memukul balik untuk menyamakan menjadi 5-5, dan terjadi tiga break point pada game ke-11, sebelum petenis asal Serbia itu memukul balik dan kemudian mematahkan permainan lawannya untuk memastikan tempat ke final.

"Rafa Nadal bakal jadi tantangan yang lebih besar, dia satu dari para petenis terhebat," kata Djokovic.

"Saya akan mencoba untuk memulihkan fisik, saya akan melakukan push-up malam ini," tambahnya.

(A020/Z002)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012