... Pakai jaringan online jika mau lebih efektif lagi...
Mangupura, Bali (ANTARA News) - Memproduksi barang-barang sudah memerlukan kemahiran dan manajemen tersendiri. Memasarkan barang-barang itu? "Pakai jaringan online jika mau lebih efektif lagi," kata ahli pemasaran, Hermawan Kartajaya.

"Jika tidak mempromosikan produknya lewat online maka akan tergeser oleh produk-produk baru yang kian semarak menawarkan produknya melalui jasa berjaringan tersebut," kata Kartajaya di Tuban, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu.

Pada acara Awarding Bali Service Excellence Award 2012 itu, ia mengatakan, kalau melihat dari perusahaan-perusahaan di negara maju dalam mempromosikan produknya tidak lagi dengan konvensional.

"Mereka berpikir sudah lebih maju untuk masa depan pengembangan usahanya, karena dengan online siapa pun bisa mengakses dengan mudah dan tidak terbatas dengan waktu," katanya.

Namun fenomena di Indonesia, kata dia, hingga saat ini penggunakan promosi produk masing menggunakan media konvensional. Namun untuk lima tahun ke depan seiring kemajuan IT dan gencarnya provider menawarkan paket murah internet, maka promosi lewat konvensional lambat laun akan tidak laku.

"Para pengusaha harus tanggap terhadap kemajuan IT, setiap produk harus dipromosikan lewat online. Dan untuk biaya promosi lewat online juga lebih murah," ucapnya.

Oleh karena itu, kata dia, kesempatan untuk mempromosikan dengan kemajuan IT yang cukup pesat akan lebih mudah. "Hal itu tergantung pintar-pintarnya dari pihak perusahaan tersebut untuk menangkap peluang dari promosi lewat media online," katanya.

"Kualitas yang dimaksud pada produk yang telah terkenal adalah bagimana mampu mempertahankan brand perusahaan, tentu dengan meningkatkan kualitas produksi, termasuk juga mampu bersaing dalam penjualan harga," katanya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012