... masyarakat semakin kritis dan memerlukan informasi yang terus diperbarui. Dengan Siang Klinik tersebut diharapkan pada saat pemakai akhir bertanya di seputar masalah vaksin maka pihak-pihak pengguna dapat memberikan jawaban yang tepat...
Jakarta (ANTARA News) - Masih banyak hal yang harus didekatkan dengan masyarakat terkait vaksin dan Program Imunisasi Nasional. Guna lebih menyukseskan program nasional itu, PT Bio Farma (Persero) menggelar "Siang Klinik" di Makassar, Sulawesi Selatan, baru-baru ini.
    
Kepala Divisi Penunjang Pemasaran sekaligus penanggung jawab acara siang klinik, Aco Aslam Yusuf (Tengah)  didampingi oleh Kepala Bagian Public Relations PT Bio Farma (Persero) N.Nurlaela (Tengah), dan Kepala Divisi Hewan Laboratorium Sugeng Raharso (Kanan).
 
Menurut penanggug jawab acara sekaligus Kepala Divisi Penunjang Pemasaran Bio Farma, Aco A Yusuf, "Acara siang klinik ini salah satu bentuk komitmen dari perusahaan dalam mendukung kesuksesan Program Imunisasi Nasional dan peningkatan kesadaran mengenai arti pentingnya imunisasi tertentu bagi usia dewasa."

Di kawasan tropis sebagaimana di Indonesia, terdapat beberapa penyakit terkait virus yang masih menjangkit. Dua di antara yang paling menggejala adalah virus hepatitis B dan influenza. Yang terakhir ini masih sangat mudah dijumpai, di antaranya adalah influenza pandemi akibat virus H1N1-p.

Upaya menangkal penyakit selalu lebih mudah dibandingkan mengobati. Salah satu upaya yang mudah itu adalah mendapatkan vaksinasi pada saat tubuh belum terserang virus-virus penyakit itu; vaksinasi itu juga cukup mudah diakses dan dilakukan dengan biaya terjangkau.

Beberapa materi yang akan dibahas pada acara Siang Klinik ini disampaikan oleh narasumber yang berkompeten terhadap materi-materi Seputar Vaksin, Antisera dan Isu Imunisasi, dan Pengelolaan Rantai Dingin (cold chain).

Selain itu adalah Penanganan Limbah Vaksin dan Antisera (Limbah Infeksius) dan Penanganan Produk Palsu, Sekilas KIPI dan hal–hal lain yang berkaitan dengan permasalahan vaksin dan antisera. Semua ini dijelaskan oleh pejabat Bio Farma, perusahaan milik negara satu-satunya di Asia Tenggara yang mengkhususkan diri pada penelitian, pengembangan, dan pembuatan berjenis-jenis vaksin.

Setiap tahun Bio Farma rutin melaksanakan Siang Klinik di beberapa kota besar di Indonesia. Sosialisasi dari tahun ke tahun mendapatkan respon yang positif.

"Saat ini masyarakat semakin kritis dan memerlukan informasi yang terus diperbarui. Dengan Siang Klinik tersebut diharapkan pada saat pemakai akhir  bertanya di seputar masalah vaksin maka pihak-pihak pengguna dapat memberikan jawaban yang tepat," kata Yusuf.

Siang Klinik pada 2012 ini diawali di Makassar, mengingat kota tersebut merupakan tempat yang sangat strategis di wilayah timur Indonesia, kota kedua yang akan di kunjungi adalah Manado. "Nantikan Siang Klinik di kota Anda," ujar dia.

Sementara itu, menurut Direktur Pemasaran PT Bio Farma (Persero), Sarimuddin Sulaeman, Kinerja perusahaan pada 2011 mengalami peningkatan, dengan pendapatan laba bersih sebesar Rp 304 milyar.

"Pada 2012 ini perusahaan menargetkan penjualan dapat mencapai Rp 1,5 triliun sehingga kami akan terus melakukan inovasi, ke depannya diharapkan selain vaksin ada juga potensi produk-produk baru yang dapat dijual," katanya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012