Senin, 22 September 2014

Hatta Ali terpilih jadi ketua MA

Rabu, 8 Februari 2012 13:40 WIB | 4.667 Views
Hatta Ali terpilih jadi ketua MA
Ketua Mahkamah Agung terpilih, Hatta Ali usai penghitungan suara pada pemilihan Ketua MA di Jakarta, Rabu (8/2).(FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari )
Jakarta (ANTARA News) - Hakim Agung Hatta Ali terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) menggantikan Harifin Andi Tumpa.

Hatta Ali memperoleh 28 suara diikuti oleh Ahmad Kamil sebanyak 15 suara, Abdul Kadir Mappong memperoleh empat suara, Paulus E Lotulung satu suara, M Saleh tiga suara. Sementara itu, tiga suara tidak sah.

Pemilihan ketua MA yang diikuti oleh 54 hakim agung ini hanya berjalan satu putaran karena Hatta Ali langsung memperoleh dukungan 50 persen plus satu suara yang sah.

"Pak Hatta telah memperoleh 50 persen plus satu suara sehingga langsung terpilih menjadi ketua MA," kata ketua Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua MA Nurhadi, saat membacakan hasil pemilihan, di Jakarta, Rabu.

Setelah mendapatkan suara mayoritas, Hatta Ali diminta menandatangani formulir kesediaan yang diberikan oleh ketua panitia pemilihan.

Hatta langsung menerima formulir tersebut dan langsung menyatakan bersedia untuk menjadi ketua MA periode 2012-2017.

Usai terpilih, Hatta Ali langsung memberikan sambutan pertamanya sebagai ketua pengadilan tertinggi di Indonesia dan menyampaikan janji-janjinya.

"Setelah selesainya pemilihan ini, semua telah berakhir dan cair. Kita menjadi satu untuk menuju ke depan, bagaimana kita membangun Mahkamah Agung ke depan. Tidak ada lagi yang pro dan kontra, semua sudah mencair berdasarkan hasil pemilihan yang ada," kata Hatta di depan para hakim agung.

Dia juga berjanji akan melanjutkan program yang telah dijalankan oleh pendahulunya dan menegaskan akan menjalankan cetak biru MA 2010-2035.

"Banyak ketua-ketua Mahkamah Agung sebelumnya yang sudah meletakkan dasar-dasar ke depan menuju peradilan yang agung sebagaimana kita ketahui bersama sudah termuat dalam blue print 2010-2035. Tetapi sebagai ketua yang baru nantinya Insya Allah pada 1 Maret tentu program-program yang akan dilaksanakan ada skala prioritas," katanya dengan suara bergetar.

Menurut Hatta, skala prioritas yang dimaksud adalah memberikan pelayanan keadilan bagi masyarakat yang selama ini menjadi sorotan, terkait pelayanan pencari keadilan.

Hatta Ali juga berjanji meningkatkan sumber daya manusia di MA sekaligus meningkatkan kualitas MA.

"Yang perlu dijunjung tinggi adalah masalah integritas," katanya.

Hatta juga meminta kepada semua hakim dalam masa kepemimpinannya untuk tidak melakukan perilaku yang menyimpang dan menyalahi kode etik.

"Kami ke depan tidak ingin mendengar ada hakim-hakim yang melakukan penyimpangan-penyimpangan yang memang tidak diperkenankan dalam kode etik dan pedoman perilaku hakim," tutupnya.

(J008/A011)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga