Rabu, 3 September 2014

Banjir Tangerang rendam 1.055 rumah

Senin, 13 Februari 2012 15:34 WIB | 8.665 Views
Banjir Tangerang rendam 1.055 rumah
Ratusan rumah di Perum Total Persada Raya terendam banjir sejak semalam, Gembor, Periuk, kota Tangerang, Banten, Minggu (12/2). (FOTO ANTARA/Lucky.R )
Tangerang (ANTARA News) - Banjir yang melanda Kota Tangerang, Banten, akibat meluapnya Kali Cirarap dan Kali Sabi yang merupakan anak Sungai Cisadane merendam sebanyak 1.055 rumah penduduk di Kecamatan Periuk.

"Kami telah menelusuri rumah penduduk yang terendam dan yang paling parah di Kelurahan Gembor," kata Sekretaris Kecamatan Periuk, Teddy Bayu Putra dihubungi di Gembor, Tangerang, Senin.

Dia mengatakan, banjir yang terparah berada di Perumahan Total Persada sebanyak 804 rumah dengan ketinggian air mencapai 2,4 meter, di Perumahan Puradi sebanyak 201 rumah dan selebihnya di Perumahan Alamnda.

Menurut dia, pihaknya telah memantau bahwa kawasan terparah dilanda banjir antara lain kawasan Jalan Sukabumi,  Jalan Tasikmalaya, Jalan Cirebon dan Bandung di Perumahan Total Persada.

Sedangkan warga yang mengungsi sekitar 1.500 kepala keluarga yang tersebar pada SD Negeri Total Persada, di Masjid dan Puskesmas Gembor.

Selain itu, ada juga warga yang mengungsi ke rumah keluarga masing-masing seperti di Kecamatan Rajeg, Kota Bumi dan dan Kecamatan Jatiuwung.

Aparat Pemkot Tangerang bersama relawan dan petugas dari Kodim 0506 Tangerang mendirikan dapur umum untuk membantu warga dalam menyediakan pangan sehari-hari.

Sebelumnya, ratusan rumah penduduk di Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, terendam air dengan ketinggian 1,6 meter hingga 2,4 meter akibat meluapnya Kali Cirarap, sebagian warga terpaksa mengungsi.

Walau begitu, penyebab banjir karena Kali Cirarap meluap akibat hujan deras yang turun sejak Sabtu (11/2) malam hingga Minggu dini hari dan diperparah aliran air dari hulu sungai di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Namun kawasan terparah berada di Perumahan Total Persada RT 07, 08, 08 dan 010 RW 07 dan RT 01, 02, 03 dan 05 RW 08 dengan ketinggian air mencapai 2,4 meter, maka sebanyak 967 warga terpaksa mengungsi.

Bahkan jalan utama yang menghubungkan Perumahan Total Persada dengan Perumahan Regency II terkena banjir akibat meluapnya Kali Cirarap, sudah dapat dilalui karena sebelumnya putus.

Jalan utama itu mulai dapat dilalui dari arah Kota Tangerang sejak Senin siang karena sebelumnya tidak dapat dilintasi kendaraan jenis sedan maupun sepeda motor.

(A047)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga