Sabtu, 25 Oktober 2014

Rupiah menguat terhadap dolar AS

| 2.299 Views
id rupiah menguat, nilai tukar rupiah, mata uang indonesia,
Rupiah menguat terhadap dolar AS
(FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)
Jakarta (ANTARA News) - Faktor teknikal mendorong nilai tukar rupiah Rabu pagi menguat meski tipis sebanyak dua poin terhadap dolar AS setelah tertekan sejak awal pekan ini.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Rabu pagi bergerak menguat dua poin ke posisi Rp9.040 dibanding sebelumnya Rp9.042 per dolar AS.

"Pasar uang dalam negeri menguat pada hari ini secara teknikal, setelah mengalami respon negatif terhadap pemangkasan peringkat enam negara Uni Eropa oleh Moody`s," kata analis Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan, pemangkasan itu karena ketidakpastian terhadap reformasi fiskal dan kerangka kerja perekonomian, sementara sumberdaya yang tersedia untuk mengatasi krisis terbatas.

Ia mengatakan, Uni Eropa menghadapi prospek makro ekonomi yang lemah. Moody`s mengingatkan kelemahan kondisi makroekonomi masih akan membuat ketidakyakinan investor, sehingga pasar masih akan rentan dan ada potensi khawatir lanjutan yang dapat menekan surat utang negara dan perbankan.

"Pemangkasan itu masih membuat euro melemah terhadap dolar AS. Sementara pasar Asia sudah memfaktorkan pemangkasan ini pada perdagangan sebelumnya. Kemungkinan hari ini akan `rebound`," katanya.
(KR-ZMF/S004)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga