Singapura (ANTARA News) - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. memesan 18 pesawat jenis CRJ 1000 NextGen, buatan pabrikan Bombardier Aerospace, Kanada, untuk mendukung ekspansi BUMN penerbangan tersebut.

"Dari 18 pesawat ini, lima diantaranya akan diterima kami pada tahun ini, mulai bulan Oktober hingga Desember 2012," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar, menjawab pers, usai menandatangani kerja sama pengadaan pesawat tersebut dengan President & COO Bombardier Aerospace Guy Hachey, di sela-sela Singapore Airshow 2012, Rabu.

Menurut Emir, dalam kerja sama itu, Garuda Indonesia juga memiliki opsi untuk mendatangkan sebanyak 18 pesawat lagi.

Ia menjelaskan, pengadaan pesawat tersebut sejalan dengan program pengembangan dan ekspansi yang terus dilakukan Garuda, khususnya pada pasar domestik dan regional jarak pendek.

Pesawat-pesawat tersebut, kata Emirsyah, nantinya akan digunakan oleh Garuda Indonesia untuk melayani penerbangan rute domestik dan regional melalui bandara pengumpul (hub) di Makassar, Medan dan Balikpapan mulai akhir tahun ini.

Dengan demikian, katanya, akan makin memperkuat jaringan Garuda Indonesia secara keseluruhan.

"Disamping itu, pesawat ini juga akan meningkatkan efisiensi Garuda karena pesawat ini hemat bahan bakar hingga 30 persen," katanya.

Sementara itu, President & COO Bombardier Aerospace Guy Hachey, mengatakan bahwa Bombardier sangat gembira dan sangat mendukung kerja sama dengan Garuda ini.

"Pesawat CRJ 1000 NextGen adalah salah satu produk Bombardier yang sangat handal dan ramah lingkungan, dengan biaya operasional yang sangat efisien," tambah Guy.

Bombardier adalah perusahaan Kanada yang bergerak dalam bidang produksi alat dan perlengkapan transportasi, mulai dari pesawat komersial, jet, serta berbagai perlengkapan transportasi lain.

Bombardier Commercial Aircraft, salah satu unit bisnis dari Bombardier Inc adalah produsen pesawat berkapasitas hingga 145 penumpang, dengan tingkat efektivitas opersional tertinggi di kelasnya.

Produk-produk Bombardier antara lain CRJ NextGen family, NextGen Q400, pesawat jet C-series, dan pesawat-pesawat berkapasitas 100-149 kursi (single aisle).

Pesawat CRJ 1000 NextGen mulai dipasarkan pada 2010 dan terkenal dengan kehandalan, biaya operasional dan konsumsi bahan bakar yang efisien, dan kapasitas penumpang yang optimal.

Efisiensi bahan bakar ini juga membuat pesawat CRJ 1000 NextGen berhasil mengurangi dampak pencemaran lingkungan secara signifikan.

Tampilan dan desain pesawat CRJ 1000 NextGen memiliki interior yang nyaman bagi penumpang karena dilengkapi dengan bagasi kabin yang cukup luas, desain baru yang lebih menarik pada jendela dan panel langit-langit pesawat serta sistim pencahayaan kabin dengan teknologi lebih baik.

(E008/A023)