Minggu, 31 Agustus 2014

Menlu: Rusia tidak ikut ambil bagian dalam pertemuan "Sahabat Suriah"

Rabu, 22 Februari 2012 01:51 WIB | 3.319 Views
Moskow (ANTARA News) - Rusia telah menolak undangan untuk ambil bagian dalam pertemuan kelompok "Sahabat Suriah" yang dijadwalkan Jumat, kata Departemen Luar Negeri negara itu Selasa.

"Undangan untuk pertemuan kelompok "Sahabat Suriah" di Tunisia itu telah diterima. Namun, ada lebih banyak pertanyaan daripada jawaban untuk mengartikulasikan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Alexandr Lukashevich, lapor Xinhua.

Dia menegaskan bahwa Rusia tidak melihat kemungkinan untuk berpartisipasi dalam pertemuan itu, karena Moskow belum mendapat informasi tentang agenda pertemuan dan pesertanya.

"Yang paling penting, tujuan sebenarnya dari pertemuan tidak jelas. Menurut laporan-laporan, kelompok-kelompok oposisi separatis telah diundang ke Tunisia, namun tidak ada perwakilan dari pihak pemerintah Suriah. Itu berarti, kepentingan mayoritas penduduk Suriah

yang mendukung pemerintah tidak akan diwakili," kata Lukashevich.

Rusia percaya pertemuan itu tidak mungkin akan memfasilitasi dialog awal antar-Suriah mengenai cara untuk mengatasi krisis, kata jurubicara itu.

Lukashevich mengatakan bahwa Moskow memiliki kesan pertemuan "Sahabat Suriah" menyerupai "Kelompok Kontak Libya," yang memiliki tujuan mendukung hanya satu sisi konflik internal.

"Menurut laporan, dokumen akhir dari pertemuan tersebut telah disusun oleh kelompok kecil negara, sementara peserta lain akan diminta hanya untuk menjadi stempel belaka," kata Lukashevich. (AK)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga