mari membuka mata dan hati kita untuk senantiasa membantu sesama
Jakarta (ANTARA) - Khatib shalat Idul Adha di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Prof Dr Haji Abdul Mu’Ti menekankan makna dari Idul Adha adalah dengan membantu sesama manusia terutama di masa-masa sulit.

"Kita berbagi setelah sembelih hewan kurban, kita bagikan kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan kita karena hakikat ibadah kurban itu bukan kepada penyembelihan tetapi kepada takwa," kata Mu'ti yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah kepada jamaah di Jakarta Timur, Sabtu.

Mu'ti menambahkan penyembelihan hewan kurban hanya sarana dan bagian untuk mendapatkan rida Allah.

Selain itu, kata dia, dengan berkurban, maka umat Islam merelakan diri demi membantu sesama dengan menyisihkan sebagian harta untuk meringankan kesulitan dan penderitaan apalagi ketika masih dalam suasana pandemi COVID-19.

Pandemi COVID-19 memberi dampak sosial yang besar di antaranya anak-anak yatim dan masalah sosial lainnya.

"Maka dengan semangat kurban, semangat Idul Adha mari membuka mata dan hati kita untuk senantiasa membantu sesama, berusaha menolong, dan berusaha memberikan solusi atas berbagai macam persoalan yang kita hadapi," katanya kepada jamaah.

Lebih lanjut, Mu'ti menjelaskan dalam pelaksanaan kurban tak hanya bertujuan meraih kemuliaan diri tapi juga kesejahteraan sesama masyarakat dan bangsa.

"Kemuliaan diraih dengan bagaimana kita mencurahkan apa yang kita miliki, mencurahkan pemikiran, waktu, tenaga kita demi membantu sesama," ucapnya.

Shalat Idul Adha di Jakarta Timur salah satunya dipusatkan di halaman JIEP dengan dipandu Imam, Alwi Syihab dan dihadiri umat Islam dari sekitar Jakarta Timur dan daerah lainnya.

Panitia penyelenggara pelaksanaan shalat Idul Adha di JIEP adalah dari Pimpinan Muhammadiyah Ranting Kayu Putih, Jakarta Timur.

Panitia setempat mengumpulkan hewan kurban berupa empat ekor kambing dan tiga ekor sapi yang akan disembelih di SD Muhammadiyah Kelurahan Kayu Putih dan dibagikan kepada warga sekitar.
Baca juga: Gubernur DKI: JIEPP sarana lahirkan atlet berkuda nasional
Baca juga: Jamaah Muhammadiyah shalat Idul Adha di Lapangan Sempur Bogor
Baca juga: Tips mengolah daging kambing, pakai nanas parut dan hindari air

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022