Jumat, 1 Agustus 2014

Pemerintah perlu atasi kesulitan air bersih menahun

Senin, 5 Maret 2012 00:16 WIB | 3.011 Views
Pemerintah perlu atasi kesulitan air bersih menahun
Krisis air bersih. (FOTO ANTARA/Arif Pribadi)
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah perlu untuk segera mengatasi kesulitan air bersih yang dialami masyarakat Pulau Karampuang, Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat secara turun temurun dan menahun.

"Pulau Karampuang yang selama ini masyarakatnya kesulitan air bersih, sesungguhnya bisa diatasi jika pemerintah di Mamuju serius membantu dengan memberikan alokasi anggaran APBD untuk mengatasinya," kata peneliti air tanah Nurdin Ashat di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, di pulau Karampuang yang terletak diperairan Sulawesi sekitar satu kilometer di hadapan Kota Mamuju, memiliki kandungan air tanah yang bisa dijadikan air bersih masyarakat setelah dilakukan penelitian.

Oleh karena itu ia mengatakan, jika pemerintah di Mamuju bersedia mengalokasikan anggaran APBD untuk membantu masyarakat yang kesulitan air bersih di pulau Karampuang untuk dilakukan pengeboran air tanah maka masalah masyarakat Karampuang akan bisa dipecahkan.

"Kalau dianggarkan melalui APBD untuk proyek pengeboran air tanah di pulau Karampuang yang berpenduduk ribuan jiwa agar nantinya ada sumber air masyarakat maka masyarakat pulau Karampuang tidak akan lagi kesulitan air bersih," katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Mamuju, Sugianto, mengatakan, masalah kesulitan air bersih memang menjadi masalah turun temurun di pulau Karampuang sehingga ia juga berjanji akan mendesak pemerintah di Mamuju segera mengalokasikan anggaran untuk pengeboran air tanah di pulau yang memiliki potensi wisata bahari itu.

"DPRD Mamuju akan mendesak pemerintah di Mamuju mengalokasikan anggaran di APBD, untuk pengeboran air tanah dipulau Karampuang karena kebutuhan itu sangat mendesak demi mengakhiri krisis air bersih dipulau Karampuang," katanya.

Ia meminta agar masyarakat pulau Karampuang dapat perhatian Pemkab Mamuju dengan mengatasi masalah kesulitan air bersih yang dialaminya.

Busman salah seorang masyarakat pulau Karampuang mengatakan, selama ini masyarakat di pulau Karampuang yang kesulitan air bersih harus menyeberang ke Kota Mamuju dengan menggunakan perahu untuk mendapatkan air bersih sehingga ia juga berharap pemerintah membantu menyelesaikan krisis air bersih di pulaunya itu.

"Sudah terun temurun masyarakat pulau Karampuang harus ke Kota Mamuju mengambil air bersih untuk kebutuhan mandi dan memasak serta untuk dikonsumsi lainnya," katanya. (MFH/M027)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga