Kamis, 21 Agustus 2014

Gempa 5,5 SR guncang Aceh

Senin, 5 Maret 2012 19:50 WIB | 3.166 Views
Gempa 5,5 SR guncang Aceh
ilustrasi Gempa Aceh (ANTARA News/www.bmkg.go.id)
Banda Aceh (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5,5 pada Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Aceh, Senin, sekitar pukul 14.00 WIB namun belum diperoleh dampak yang ditimbulkan akibat peristiwa alam tersebut.

Staf bagian pencatat gempa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Mata Ie, Aceh Besar, Fany, Senin, menyebutkan gempa itu dengan kedalaman 10 kilometer atau 31 kilometer tenggara Kabupaten Aceh Tengah.

Ia menjelaskan, gempa yang tidak berpotensi tsunami posisinya berada di 4,19 Lintang Utara dan 97,10 Bujur Timur.

"Gempa itu lebih kuat dirasakan masyarakat di bagian tengah Provinsi Aceh atau yang berdekatan pusat gempa," kata dia menjelaskan.

Sementara itu seorang warga Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah Windi Darsa menyebutkan bahwa gempa siang hari tersebut lebih kuat dirasakan masyarakat namun hanya beberapa detik.

"Sebagian warga memang sempat kaget dan panik saat merasakan guncangan gempa, khususnya para pegawai negeri sipil yang sedang beraktivitas di kantor," kata Windi Darsa yang juga Kabag Humas dan Protokol Sekda Kabupaten Aceh Tengah.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah akan melacak terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. "Kami akan melacak apakah ada atau tidaknya kerusakan akibat gempa itu," kata Windi Darsa.

Seorang warga Aceh Besar, Ida juga menyatakan merasakan guncangan gempa bumi pada Senin siang itu, namun hanya dalam hitungan detik. "Kami kaget ketika gempa meski tidak semua warga merasakannya," kata dia menambahkan.
(T.A042/N005)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga