Sabtu, 26 Juli 2014

PMI alokasikan satu miliar untuk operasi katarak

Senin, 19 Maret 2012 10:47 WIB | 2.966 Views
PMI alokasikan satu miliar untuk operasi katarak
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (FOTO ANTARA)
Yogyakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia mengalokasikan dana sebesar satu miliar rupiah untuk program operasi katarak gratis bagi masyarakat yang kurang mampu pada tahun ini.

"Dana sebesar itu dialokasikan untuk membiayai operasi katarak sebanyak 500 pasien di seluruh Indonesia," kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Usai meninjau pelaksanaan operasi katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu di Yogyakarta Kalla mengatakan, untuk melaksanakan program operasi katarak gratis tersebut PMI bekerja sama dengan beberapa rumah sakit.

"PMI mengadakan program tersebut karena biaya operasi katarak cukup mahal. Program operasi katarak gratis itu untuk membantu penderita katarak yang secara ekonomi kurang mampu," kata mantan wakil presiden itu.

Ia mengatakan, operasi katarak gratis di Yogyakarta dapat dilaksanakan atas kerja sama PMI dengan Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah. Sebanyak 50 penderita dioperasi dalam program tersebut.

"Pasien berasal dari seluruh wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mendaftarkan diri di masing-masing PMI kabupaten dan kota," katanya.

Selanjutnya, pasien diperiksa di Poli Mata RS PKU Muhammadiyah dan jika lolos "screening" dilanjutkan dengan operasi yang dilaksanakan dalam tiga tahap, 10 pasien pada tahan pertama dan masing-masing 20 pasien pada dua tahap berikutnya.

"PMI dan RS PKU Muhammadiyah bersama-sama bersinergi membantu meringankan beban masyarakat yang rentan secara sosial ekonomi melalui program operasi katarak gratis," katanya.

"Hal itu dilakukan tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, bahasa, warna kulit, jenis kelamin, golongan, dan pandangan politik," kata Kalla.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga