Jumat, 22 Agustus 2014

Rusia: Iran akan buat senjata nuklir jika diserang

Rabu, 21 Maret 2012 18:13 WIB | 6.210 Views
Rusia: Iran akan buat senjata nuklir jika diserang
Melu Rusia Sergei Lavrov. (blogs.reuters.com)
Moskow (ANTARA News) - Rusia pada Selasa memperingatkan bahwa Iran tak memiliki pilihan selain membuat senjata nuklir jika diserang, baik oleh Amerika Serikat atau Israel, atas kegiatan atomnya.

"CIA dan pejabat lain Amerika Serikat mengakui tidak memiliki bukti kepemimpinan Iran mengambil keputusan politik untuk membuat senjata nuklir," kata Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov kepada radio Moskow, Kommersant FM.

"Tapi, saya hampir pasti bahwa keputusan seperti itu pasti diambil setelah Iran diserang," kata Lavrov seperti dikutip Kantor Berita AFP.

Rekaman wawancara itu disiarkan tak lama setelah pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memperingatkan bahwa negaranya siap menyerang balik terhadap Amerika Serikat atau Israel dengan tingkat sama.

Namun Lavrov menyatakan Rusia tidak membela sekutu, melainkan berusaha menghindari sengketa lebih luas atau kemungkinan lomba senjata nuklir di kawasan tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa ancaman Israel terhadap Iran hanya akan mendorong negara lain yang bermasalah dengan Barat mempertimbangkan membuat senjata nuklir.

"Ini terjadi ... sekitar Iran memaksa banyak negara Dunia Ketiga untuk berhenti sejenak dan menyadari bahwa jika Anda memiliki bom nuklir, tidak ada yang benar-benar akan mengganggu Anda," katanya.

Lavrov terutama mengangkat masalah Korea Utara dan keputusannya mengembangkan dan menguji senjata nuklir yang katanya "tidak pernah diikuti dengan ancaman serangan dari Amerika Serikat."

"Kita tidak mengusulkan membom Korea Utara. Kita semua mendesak dimulainya kembali perundingan dan mencari cara untuk membuat perundingan itu berhasil," katanya.(B002)


Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga