Rabu, 3 September 2014

Prospek agribisnis cerah, tapi belum diminati

Minggu, 1 April 2012 09:47 WIB | 4.363 Views
Prospek agribisnis cerah, tapi belum diminati
Pengusaha muda, Sandiaga S Uno. (FOTO ANTARA/R.Sukendi)
Jakarta (ANTARA News) - Pengusaha muda Sandiaga S. Uno menilai, sampai sejauh ini agribisnis belum banyak diminati kalangan pengusaha, padahal bisnis di bidang pertanian itu memiliki prospek cerah, terutama karena pasar di dalam negeri untuk aneka komoditas pertanian relatif besar.

"Lahan pertanian di Indonesia tergolong luas dan subur, sementara pasar relatif besar, sehingga pengembangan agribisnis memiliki prospek cerah. Namun sangat disayangkan belum banyak pengusaha yang berminat mengembangkan agribisnis," kata Sandiaga dalam talkshow di sela pameran agribisnis, Agrinex Expo 2012 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu.

Menurut Sandiaga, pilar terpenting dari pengembangan usaha apapun, termasuk agribisnis adalah tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, yakni SDM yang memiliki pola pikir unggul, seperti tidak cepat menyerah dalam menghadapi tantangan, tidak takut gagal, dan tidak berfikir serba instan.

"Saya pun pernah gagal dalam berbisnis, bahkan sebelumnya pernah menjadi pengangguran, tapi saya tidak menyerah, sebab kegagalan adalah tangga menuju kesuksesan," kata penggagas Agrinex Expo saat ia menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sekitar enam tahun yang lalu itu.

Sandiaga S Uno kini menjabat sebagai CEO (Presiden Direktur) PT Saratoga yang bergerak di bidang keuangan serta direksi di beberapa perusahaan besar terkemuka seperti PT Adaro Indonesia, PT Indonesia Bulk Terminal, PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia, dan Interra Resources Limited.

Pada acara talkshow di Agrinex Expo, Sandiaga juga mengingatkan adanya resiko dalam berbisnis apapun, terlebih di bidang agribinis, karena komoditas pertanian relatif cepat membusuk.

"Ini tantangan bagi dunia pendidikan yang mengembangankan jurusan pertanian. Harus ada inovasi dan teknologi yang bisa mengatasi masalah ini," tegasnya.
(A015)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga