Minggu, 21 September 2014

Partai Suu Kyi raih 43 kursi dalam pemilu Myanmar

Selasa, 3 April 2012 22:43 WIB | 1.338 Views
Partai Suu Kyi raih 43 kursi dalam pemilu Myanmar
Pemimpin pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi (REUTERS/Staff)
Yangon (ANTARA News) - Partai yang dipimpin Aung San Suu Ky meraih hampir seluruh kursi yang diperebutkan dalam pemilu sela, menjadikan kelompok oposisi utama itu masuk dalam majelis nasional, sesuai yang ditunjukkan hasil resmi, Selasa.

Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) meraih 43 kursi dari 44 daerah pemilihan di mana mereka memiliki kandidat-kandidat dalam pemilu Ahad, kata pengumuman komisi pemilihan di televisi pemerintah.

Kemenangan besar itu memberikan Suu Kyi kursi pertamanya di parlemen, kendati tidak akan mengancam mayoritas besar Partai Uni Solidaritas dan Pembangunan (USDP).

NLD meraih 37 kursi dalam majelis rendah yang memiliki 440 kursi, bersama dengan empat kursi di majelis tinggi dan dua di dewan regional, kata hasil-hasil itu.

Seperempat dari kursi-kursi itu disediakan untuk para pejabat militer tanpa dipilih.

NLD kehilangan satu kursi di negara bagian Shan yang dimenangkan oleh Partai Demokratik Nasional Shan , yang mendapat dukungan kuat di kalangan etnik itu.

USDP hanya meraih satu kursi di satu daerah pemiihan Sagaing, Myanmar barat laut di mana kandidat NLD dibatalkan keikutsertaannya.

Terpilihnya Suu Kyi untuk jabatan politk merupakan perubahan terbaru di negara yang dulu bernama Burma itu setelah puluhan tahun ditahan pemerintah militer yang berakhir tahun lalu.

Pemerintah sipil Myanmar mengejutkan para pengeritiknya tahun lalu dengan serangkaian reformasi seperti pembebasan ratusan tahanan politik dan menyetujui kelompok oposisi itu kembali ke arus politik utama negara itu, demikian AFP.
(H-RN/A023) 

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga