Jakarta (ANTARA News) - Banyak orang yang mengenal teknologi street view hanya pada peta Google, namun kini teknologi itu dapat dinikmati pada Google Art Project.

Program Google yang diluncurkan pada Februari 2011 ini, menggunakan teknologi street view yang membuat para pengunjung laman ini dapat menjelajahi galeri dan museum tergabung dalam Google Art Project.

Pada setiap museum atau galeri yang menggunakan teknologi ini, karya-karya seni yang ditampilkan pada peta berdasarkan posisi lintang dan bujur, serta ditampilkan dengan anotasi klik melalui gambar street view museum.

Bagi Anda yang ingin lebih dekat dan jelas dalam mengamati karya seni, ada area microscope view yang menampilkan gambar dalam resolusi tinggi. Beberapa museum bahkan memilih karya seninya ditampilkan dengan skala gigapixel sehingga terlihat lebih detil dan jelas.

Museum Nasional Indonesia yang biasa disebut dengan Museum Gajah, baru-baru ini tergabung dalam Google Art Project, namun belum menggunakan teknologi street view dan baru mengunggah 100 karya seni saja untuk ditampilkan pada area microscope view.

"Kami bermitra dengan Museum Nasional Indonesia sebagai salah satu langkah awal, kami akan bergerak terus dan mengembangkan lagi," kata Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawy pada saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Rudy mengatakan bahwa masih banyak yang bisa dan akan dilakukan serta diangkat dari Museum Nasional Indonesia pada Google Art Project, dan pihaknya akan mengusahakan kerja sama dengan museum-museum lain di Indonesia.
(M048)