Sabtu, 25 Oktober 2014

Banyumas kirap empat pusaka

| 1.444 Views
id ulang tahun banyumas, kirab pusaka, hari jadi banyumas
Purwokerto (ANTARA News) - Iring-iringan layaknya pasukan kerajaan mengirap empat pusaka kebesaran Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis siang, untuk merayakan hari jadi kabupaten itu yang ke-430 pada 6 April 2012.

Tombak Kiai Genjring, Keris Nala Praja, Keris Gajah Endra, dan Pustaka Mulia Stambul (Al Quran berukuran kecil), yang melambangkan kekuatan, keagungan semangat juang, dan selalu berpegang pada keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dikirap di Kota Purwokerto.

Prosesi kirab diawali dengan upacara berbahasa Jawa yang diisi dengan penyerahan pusaka dari Bupati Banyumas Mardjoko kepada petugas kirab di Pendopo Wakil Bupati Banyumas.

Selanjutnya, kirab diberangkatkan menuju Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas yang berjarak sekitar dua kilometer.

Di bagian depan iring-iringan tersebut tampak lima orang yang memerankan sosok "Bawor" dengan membawa kudi (senjata khas Banyumas, red.) berukuran besar, dan di belakangnya tampak iring-iringan pembawa Tombak Kiai Genjring serta tiga tandu masing-masing membawa Keris Nala Praja, Keris Gajah Endra, dan Pustaka Mulia Stambul.

Selain itu, tampak pula pasukan tombak dan pasukan musik yang diikuti iring-iringan kereta kencana yang masing-masing ditumpangi Bupati Banyumas beserta istri, Wakil Bupati Banyumas beserta istri, Ketua DPRD Banyumas beserta istri, dan sejumlah pejabat lainnya.

Kirab tersebut diakhiri dengan iring-iringan para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) berikut stafnya yang secara keseluruhan mengenakan busana Jawa Banyumasan.

Sesampainya di Pendopo Sipanji, keempat pusaka yang dikirabkan tersebut diserahkan kembali kepada Bupati Banyumas untuk disemayamkan pada tempatnya.

Kendati diguyur hujan, masyarakat Purwokerto tetap antusias menyaksikan jalannya kirab sejak dari Pendopo Wakil Bupati Banyumas hingga Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas.

Mereka tampak berdiri di sepanjang Jalan Jenderal Soedirman guna menyaksikan kirab sembari berpayungan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Banyumas Untung Sugiyanto mengatakan, selain kirab pusaka, rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-430 Banyumas juga diisi dengan karnaval "Banyumas Extravaganza" yang akan digelar pada hari Sabtu (7/4).

"Pergelaran `Banyumas Extravaganza` akan menampilkan berbagai potensi yang dimiliki Banyumas sehingga diharapkan dapat menjadi ikon wisata kabupaten ini," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Banyumas mengundang 100 biro perjalanan wisata guna menyaksikan "Banyumas Extravaganza".

(ANTARA)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca