Minggu, 26 Oktober 2014

Sapta Nirwandar dapat gelar ksatria

| 1.423 Views
id wamenparekraf, sapta nirwandar, gelar kesatria untuk sapta nirwandar
Sapta Nirwandar dapat gelar ksatria
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mendapatkan gelar "Sinatra Cipta Karsa" dari perkumpulan pemimpin kampung adat di Jawa Barat dan Banten, Baresan Olot Tatar Sunda (BOTS).

Sekretaris Jenderal atau Duta Sawala BOTS Eka Santosa pada acara penyerahan gelar di Jakarta, Senin mengatakan berdasarkan sawala (diskusi) BOTS yaitu komunitas para pemimpin 12 kampung adat di Jawa Barat dan Banten, Sapta Nirwandar dianggap seorang ksatria di bidang ekonomi kreatif, khususnya seni dan budaya.

Sapta mengungkapkan, "gelar ini bukan untuk saya pribadi tapi sesungguhnya untuk Kemenparekraf, kearifan lokal adalah akar budaya yang memang tidak boleh ditinggalkan sebagai kekayaan budaya yang tidak ternilai."

Kearifan lokal menurut Sapta memiliki tiga dimensi yaitu menjadi norma hidup, tatanan hidup dan kreativitas masyarakat

"Kemenparekraf berupaya untuk menjaga, mempertahankan dan mengembangkan kearifan lokal di Jawa Barat, apalagi karena saya juga merasa berutang kepada masyarakat Sunda sebab saya menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri di Bandung," ungkap Sapta.

Sapta menilai bahwa salah satu yang perlu dibangun untuk menjaga kearifan lokal adalah akses terhadap masyarakat adat.

"Pariwisata tidak boleh dianggap akan mengurangi kearifan lokal karena setiap pengunjung yang datang harus menghormati kearifan lokal," jelas Sapta.

Ia optimis bahwa pariwisata dapat membuat aturan tertentu agar kearifan lokal dapat terpelihara.

"Misalnya membuka sepatu di tempat-tempat tertentu, kami sudah melakukannya di Aceh dan di Bali, jadi pengunjung tidak sembarangan masuk," kata Sapta.

Gelar tersebut secara resmi akan disampaikan dalam Festival Seni dan Budaya Masyarakat Adat (Pinton Ajen Karancagean) pada 28 Mei - 2 Juni 2012 di Kawasan Alam Santosa, Pasir Impun Bandung Jawa Barat yang diadakan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan ulang tahun ke-2 BOTS.

BOTS didirikan pada 20 Mei 1999 dan memiliki populasi sekitar 10 juta jiwa dengan 3 juta jiwa berasal dari Banten, perkumpulan tersebut secara bertahap memperjuangkan hak sipil dan hak ulayat melalui advokasi, pemberdayaan ekonomi dan penyadaran hak sipil.
(D017)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga