Minggu, 21 Desember 2014

Pemimpin sementara Mali dilantik

| 1.109 Views
id pemimpin mali, presiden mali, kudeta mali
Bamako (ANTARA News) - Dioncounda Traore dilantik sebagai presiden sementara Mali pada Kamis, mengambil alih dari para perwira militer yang melakukan kudeta bulan lalu di negara Afrika barat yang bermasalah.

Traore, yang sebelumnya adalah ketua parlemen, mengambil sumpah jabatan pada upacara di ibu kota Bamako dan dihadiri oleh tokoh-tokoh politik terkemuka, dan di antaranya pemimpin kudeta Kapten Amadou Sanogo.

Tugas Traore yang paling mendesak adalah mengatasi pemberontakan dan Tuareg yang telah merebut bagian utara negara itu sejak kudeta, yang memecah salah satu negara termiskin di dunia itu menjadi dua dan menciptakan krisis kemanusiaan besar.

"Saya bersumpah di hadapan Allah dan rakyat Mali untuk melestarikan rezim republik ini ... untuk menghormati dan menjamin penghormatan terhadap konstitusi ... dan integritas teritorial Mali," katanya seperti yang dikutip dari AFP.

Traore akan bertemu dengan para pejabat militer dan sipil pada akhir pekan ini untuk menuntaskan rincian masa transisi.

Menurut perjanjian yang disepakati oleh para pemimpin kudeta dan kelompok Afrika Barat ECOWAS, Traore ditugasi untuk melaksanakan pemilu guna menuntaskan kembalinya pemerintahan demokratis.
(H-AK)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga